KELANA KOTA

AKH 5 Tahun Kanker Serviks Uteri Lebih dari 50 Persen

Laporan Agita Sukma Listyanti | Sabtu, 16 Juni 2012 | 18:24 WIB
suarasurabaya.net - Kelainan serviks uteri pada tingkat prakanker bisa disembuhkan. Penderita bisa sembuh total atau bisa dengan hanya berobat jalan.

Pada kanker serviks uteri, angka ketahanan hidup (AKH) 5 tahun atau 5 years survival rate penderita lebih dari 50 persen. Untuk stadium I, AKH 5 tahun mencapai 80 persen. Dari 18.440 kasus yang ada, 14.829 penderita diantaranya dinyatakan sembuh. Untuk stadium II, AKH 5 tahun sebesar 58,9 persen atau 13.231 penderita dari 22.482 kasus.

Sedangkan stadium III, AKH 5 tahun mencapai 32,8 persen atau 5.668 penderita dari 17.290 kasus. Dan stadium IV, AKH 5 tahun hanya 7,1 persen atau 208 dari 2.934 kasus.

Prof. H Heru Santoso, dr, SpOG(K) Departemen/SME Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga-RSU dr Soetomo mengatakan upaya deteksi dini bisa mencegah kanker serviks. Bila sudah ditemukan gejala subyektif, biasanya penyakit sudah mencapai stadium loko regional.

Stadium pra klinik atau stadium O, IA tidak terlihat gejala. Munculnya gejala klinis baru dimulai pada stadium klinik lokal atau IB dan IIA. "Dalam stadium ini, cairan dari vagina bercampur darah perdarahan, pascasanggama. Mula-mulai minimal, tapi makin lama makin banyak. Stadium ini paling banyak dan lama," kata Heru dalam Seminar Kanker Serviks di Graha Amerta Surabaya, Sabtu (16/6/2012).

Sementara pada stadium klinik regional atau IIB dan III, mulai terjadi penyebaran ke jaringan sekitar atau ke kelenjar limfa regional. Gejalanya tergantung organ yang terkena. Bisa kencing darah, nyeri tungkai atau perdarahan dari anus. Sedangkan pada stadium sistemik muncul gejala sesak dan patah tulang.

Selama stadium praklinik, pemeriksaan dan diagnostik bisa diketahui lewat hasil smerapapanicolau abnormal yakni dengan biosi terarah dengan kolposkopi. Sedangkan pada stadium klinik, biopsi diambil dari daerah serviks yang paling optimal.

Menurut Heru, dalam kanker stadium lanjut, penyakit-penyakit lain bisa timbul. Seperti anemia dan gagal ginjal. Ini pula yang mempersulit pengobatan kanker. Karena itu, penyakit-penyakit tersebut harus lebih dulu ditangani sehingga bisa menangani laju sel kanker.(git)

Teks Foto :
- Seminar kanker serviks.
Foto : Dok suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.