KELANA KOTA

37 Imigran Gelap Ditangkap di Sidoarjo

Laporan Eddy Prastyo | Rabu, 27 Juni 2012 | 12:18 WIB
suarasurabaya.net - Sebanyak 37 imigran gelap asal Iran dan Afghanistan ditangkap petugas dari Polsek Jabon, Sidoarjo, Rabu (27/6/2012) di perairan Timur Sidoarjo, Dusun Tlocor, Kecamatan Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Mereka baru berlayar menggunakan kapal dari Probolinggo dengan tujuan ke Surabaya. Mereka sengaja menggunakan jalur laut agar terhindar dari pengendusan petugas. Sampai di pesisir Timur Sidoarjo, mereka naik ojek untuk mencari mobil sewaan yang bisa membawa mereka ke Surabaya.

Oleh warga sekitar kemudian diarahkan ke H. Kasum diantara warga Tlocor yang memang punya mobil sewaan. "Mereka minta diantarkan ke sebuah hotel di Surabaya," kata H. Kasum.

Setelah dua mobil tersedia, sebanyak 20 imigran gelap kemudian diangkut mobil milik H. Kasum. Tapi dalam perjalanan, H. Kasum gelisah. Dia khawatir yang diangkutnya imigran gelap. Karena itu diam-diam dia menghubungi anggota Polsek Jabon minta dicegat. Pihak Polsek Jabon pun menghentikan 2 mobil itu dan memeriksa penumpangnya.

Tapi saat diperiksa, 4 dari 20 imigran gelap berupaya kabur namun berhasil diringkus. Polres Sidoarjo pun dihubungi, diminta bantuan untuk menangkap 17 imigran gelap lainnya yang masih tertinggal di Tlocor.

Saat berita ini ditampilkan, seluruh imigran gelap sudah dibawa ke Mapolres Sidoarjo untuk diperiksa. Dari pendataan sementara, 37 imigran gelap itu terdiri dari 29 pria, 4 perempuan, dan 4 anak-anak. Belum diketahui persis jumlah mereka berdasarkan kewarganegaraan.(edy)

Teks Foto :
-Imigran Gelap saat diangkut menuju Polres Sidoarjo.
Foto : Eddy suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.