KELANA KOTA
ASP 2012

Bersama Dalam Culture, Creativity and Collaboration

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 16 Juli 2012 | 17:02 WIB
suarasurabaya.net - Asia Summer Program 2012 yang memang digelar untuk pertamakalinya di Surabaya, dan bertindak selaku tuan rumah adalah UK Petra Surabaya, memilih tagline: Culture, Creativity and Collaboration.

Dari tagline itu, terbayang bahwa para mahasiswa dari kelima negara, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand dan Indonesia, akan bersama-sama belajar atau mempelajari budaya, meraih kreativitas dan berkarya bersama dengan latar belakang masing-masing negara.

“Banyak hal yang bisa disebut sebagai sebuah kesamaan pada masing-masing negara peserta Asia Summer Program 2012 ini. dan sebagai contoh paling mudah adalah kuliner. Dan ini sangat luar biasa,” ujar Dr. Tiparatama Whongcharoen dari Bangkok University.

Dengan budaya masing-masing negara peserta, para mahasiswa dapat mempelajari bagaimana sebenarnya kondisi kultural dimasing-masing negara sehingga memberikan dampak bagi setiap perilaku dan cara pandang masyarakatnya.

“Kami berkumpul dan mencoba beberapa bidang secara bersama-sama dalam kajian-kajian ilmiah yang mungkin saja memberikan manfaat bagi masing-masing negara. Ini menjadi penting bagi masing-masing negara,” tambah Prof. Dr. Komarudin Hussin dari Universiti Malaysia Perliss.

Ditemui setelah paparannya dalam konferensi pers pembukaan Asia Summer Program 2012, Prof. Rolly Intan Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, berharap bahwa pada bagian akhir nanti memang tercipta kerjasama dari masing-masing negara peserta.

“Kami berharap seperti itu. Collaboration dalam tagline ASP 2012 adalah meujudkan kerjasama dari masing-masing negara, dalam bentuk apapun yan gbergu abagi kalangan kampus sekaligus juga untuk masyarakat luas,” tukas Rolly Intan saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Senin (16/7/2012).(tok)



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kecelakaan, Muatan Sabun...
Desy dan Firdian Rifky