overload," kata Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Kamis (17/4/2014). Sayang wahid tak bersedia merinci jumlah pasti kendaraan yang melanggar. Yang pasti, kata dia, jalan raya hanya didesain mampu menampung beban ganda maksimal 8 ton untuk jalan biasa dan 10 ton untuk jalan khusus di sekitar bandara dan pelabuhan. Banyaknya kendaraan yang overload inilah yang menjadikan jalanan di Jawa Timur sering mengalami kerusakan. Akibatnya, penambalan jalan menjadi proyek abadi yang setiap hari selalu terjadi. Padahal, selain merusak jalan, overload juga mengakibatkan kinerja mesin kendaraan tak sehat dan menghasilkan emisi gas buang meningkat serta membahayakan kesehatan. Wahid juga mengatakan, banyaknya kendaraan angkutan barang yang berumur tua juga memperparah kondisi di jalanan Jawa Timur. Menurut dia, selama ini memang tak ada aturan yang membatasi usia kendaraan sehingga yang bisa dilakukan hanyalah memastikan kelaikan kendaraan dengan uji kendaraan secara berkala setiap enam bulan sekali. Selain itu, masalah yang menjadikan kondisi lalu lintas semrawut adalah adanya peningkatan jumlah kendaraan yang tak sebanding dengan jumlah jalan. Di Jawa Timur, kata dia, pertumbuhan kendaraan roda empat mencapai 6-7 persen pertahun. Sedangkan pertumbuhan kendaraan roda dua mencapai 11 persen pertahun. Sementara pertumbuhan jalan tak sampai 1 persen pertahun. (fik), esdm, listrik" />
RSSFacebookTwitterHandphone    Kamis, 17 April 2014 | 14:58 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
KELANA KOTA 
20 Juli 2012, 19:24:03 | Laporan J. Totok Sumarno

Kenalkan Kota Surabaya Ajak Mahasiswa 5 Negara Nguleg Rujak

suarasurabaya.net - Sebagai bagian dari serangkaian kegiatan pada Asia Summer Program (ASP) 2012, Jumat (20/7/2012) puluhan mahasiswa yang berasal dari ke 5 negara peserta mengikuti acara Nguleg Rujak bersama.

Para mahasiswa yang berasal dari Thailand, Malaysia, Korea, Jepang dan Indonesia sebagai tuan rumah, dalam hal ini mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, berbaur menjadi satu dilapangan hijau kampus UK Petra Surabaya.

Terbagi dalam beberapa kelompok, para mahasiswa tersebut kemudian diberikan beberapa jenis buah-buahan, serta bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat Rujak buah, serta sebuah Cobek.

Dengan selembar kertas berisi panduan cara membuat bumbu rujak, mahasiswa dari kelima negara asing tersebut diharuskan menghaluskan bumbu-bumbu yang ada dengan menggunakan cobek.

Kontan saja, para mahasiswa dari Korea, Jepang, Malaysia dan Thailand, yang diantaranya baru pertama kali melihat benda dari batu bernama cobek yang digunakan sebagai alat untuk menghaluskan bumbu.

Namun setelah diberikan clue cara pakai dan menggunakan cobek beserta Ulegkannya untuk menghaluskan bumbu-bumbu maka mereka pun berusaha dengan cara masing-masing untuk nguleg bumbu rujak.

“Kegiatan ini memang menjadi satu diantara kegiatan ASP 2012, untuk memperkenalkan satu diantara sajian kuliner khas Kota Surabaya yaitu Rujak. Dan pada kesempatan ini para mahasiswa kami ajak langsung berpraktek,” ujar Meilinda S, S.MA, koordinator ASP 2012 pada suarasurabaya.net, Jumat (20/7/2012).(tok)

Teks foto:
-Mahasiswa 5 negara termasuk Indonesia nguleg bersama di ASP 2012 UK Petra Surabaya.
Foto: Totok suarasurabaya.net


1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright © 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved · FAQ · Kontak