KELANA KOTA

Kenalkan Kota Surabaya Ajak Mahasiswa 5 Negara Nguleg Rujak

Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 20 Juli 2012 | 19:24 WIB
suarasurabaya.net - Sebagai bagian dari serangkaian kegiatan pada Asia Summer Program (ASP) 2012, Jumat (20/7/2012) puluhan mahasiswa yang berasal dari ke 5 negara peserta mengikuti acara Nguleg Rujak bersama.

Para mahasiswa yang berasal dari Thailand, Malaysia, Korea, Jepang dan Indonesia sebagai tuan rumah, dalam hal ini mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, berbaur menjadi satu dilapangan hijau kampus UK Petra Surabaya.

Terbagi dalam beberapa kelompok, para mahasiswa tersebut kemudian diberikan beberapa jenis buah-buahan, serta bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat Rujak buah, serta sebuah Cobek.

Dengan selembar kertas berisi panduan cara membuat bumbu rujak, mahasiswa dari kelima negara asing tersebut diharuskan menghaluskan bumbu-bumbu yang ada dengan menggunakan cobek.

Kontan saja, para mahasiswa dari Korea, Jepang, Malaysia dan Thailand, yang diantaranya baru pertama kali melihat benda dari batu bernama cobek yang digunakan sebagai alat untuk menghaluskan bumbu.

Namun setelah diberikan clue cara pakai dan menggunakan cobek beserta Ulegkannya untuk menghaluskan bumbu-bumbu maka mereka pun berusaha dengan cara masing-masing untuk nguleg bumbu rujak.

“Kegiatan ini memang menjadi satu diantara kegiatan ASP 2012, untuk memperkenalkan satu diantara sajian kuliner khas Kota Surabaya yaitu Rujak. Dan pada kesempatan ini para mahasiswa kami ajak langsung berpraktek,” ujar Meilinda S, S.MA, koordinator ASP 2012 pada suarasurabaya.net, Jumat (20/7/2012).(tok)

Teks foto:
-Mahasiswa 5 negara termasuk Indonesia nguleg bersama di ASP 2012 UK Petra Surabaya.
Foto: Totok suarasurabaya.net



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.