KELANA KOTA

Mall Diminta Gunakan Energi Alternatif

Laporan Dwi Yuli Handayani | Jumat, 03 Agustus 2012 | 18:23 WIB
suarasurabaya.net - Mall di Surabaya dianggap sudah mendesak manfaatkan energi terbarukan. Kebutuhan listrik puluhan mall di Surabaya sudah demikian besar bahkan melampaui total kebutuhan listrik seluruh pemukiman di Surabaya.

Dilaporkan Rully Anwar reporter Suara Surabaya, Jumat (3/8/2012), mengutip data Asosiasi Kontraktor Listrik Nasional (AKLINAS) Jatim, kebutuhan listrik puluhan Mall bahkan tembus 40% dari kebutuhan listrik Surabaya.

Arda Netaji ketua umum AKLINAS Jatim mengatakan, mengingat tingginya kebutuhan listrik mall di Surabaya sudah mendesak adanya terobosan energi. "Terobosan itu perlu kepekaan pengembang dan pengelola mall," kata dia.

Karena kata Arda, sekarang ini belum ada satu pun mall di Surabaya mempunyai pola manjemen energi integratif dengan pasokan energi terbarukan. "Mall selama ini hanya menggantungkan dari pasokan PLN," tambah dia.

Arda juga mengatakan, sudah banyak teknologi listrik terbarukan yang bisa dimanfaatkan oleh mall. Termasuk diantaranya memanfaatkan energi matahari, angin dan kobinasi teknologi hibrid serta lainnya. (rul/dwi/tok)
Editor: J. Totok Sumarno



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.