KELANA KOTA

Hati-hati, Ada 512 Pintu Perlintasan KA Tidak Dijaga dan 126 Perlintasan Liar

Laporan Agita Sukma Listyanti | Sabtu, 11 Agustus 2012 | 18:08 WIB
suarasurabaya.net - Jelang mudik Lebaran, ternyata masih ada 512 perlintasan kereta api yang tanpa penjagaan. Jumlah itu ada di 12 kabupaten/kota wilayah kerja Daops VIII.

Data itu disampaikan Dri Winarto Manager Humas Daops VIII pada wartawan, Sabtu (11/8/2012). Total ada 656 pintu perlintasan kereta api resmi di wilayah Daops VIII. Tapi, hanya 144 pintu yang sudah ada penjagaan.

Menurut Winarto, pintu perlintasan sebidang kereta api yang paling banyak tidak dijaga ada di Kabupaten Blitar sebanyak 93 titik.

"Selain perlintasan tanpa penjagaan, banyak juga perlintasan liar akibat pemekaran jalan ataupun wilayah," katanya.

Setidaknya ada 126 perlintasan liar di yang teridentifikasi di 12 kabupaten/kota. Terbanyak ada di Surabaya dan Blitar dengan 10 perlintasan liar.

Dari data yang dihimpun, dari 12 kota kabupaten yang ada di wilayah Daops VIII, jumlah perlintasan paling banyak terdapat di Kabupaten Blitar dengan 129 perlintasan. Terdiri dari pintu perlintasan dengan petugas penjaga hanya 16 titik dan yang tidak dijaga sebanyak 93 titik serta 19 perlintasan liar.

Disusul Kabupaten Sidoarjo sebanyak 119 perlintasan KA, yang dijaga sebanyak 50 perlintasan yang dijaga dan 58 perlintasan tidak dijaga dengan 11 perlintasan liar.

Untuk perlintasan tanpa penjagaan, pihak Daops VIII sudah memasang rambu. Pengendara juga diminta untuk waspada dan berhati-hati.(git)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Pasca Kebakaran di Gudang...
zaenalershonk