KELANA KOTA

Pasca Sarjana Sains Terapan Ini Bebas SPP

Laporan Eddy Prastyo | Minggu, 23 September 2012 | 16:16 WIB
suarasurabaya.net - Mulai tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bakal mengoperasikan program Pasca Sarjana Sains Terapan bebas SPP untuk masyarakat. Kampus ini untuk sementara ada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS.

Pembangunan gedung kampus Pasca Sarjana Sains Terapan ini mulai dilakukan tahun 2012. Pemancangan tiang perdananya dilakukan M Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Minggu (23/9/2012) di dalam kompleks kampus PENS ITS.

Ada empat Program Studi yang diadakan di Pasca Sarjana ini, yakni elektronika mesin terapan, multimedia kreatif, informatika dan komputer, serta elektronika.

Menurut Mendikbud, kampus ini memang jadi diantara program prioritas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia, kata Nuh, butuh tenaga pengajar pada bidang sains terapan untuk memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan tinggi yang ditarget menyediakan 113 juta tenaga terdidik pada tahun 2030.

Lulusan Pasca Sarjana ini, selain diharapkan bisa terjun ke industri, juga bisa menciptakan tenaga terdidik baru di berbagai kampus di Indonesia.

Dengan kebutuhan tenaga terdidik yang begitu besar, kata Nuh, tidak mungkin pendidikan tinggi yang ada sekarang bisa memenuhinya. Untuk itu, selain membangun kampus Pasca Sarjana Sains Terapan, Kemdikbud juga memperbanyak didirikannya Akademi Komunitas Terapan dan Politeknik.

Di PENS ITS, sudah berdiri 4 akademi komunitas terapan di Ponorogo, Sumenep, Lamongan, dan Pacitan, juga sebuah akademi komunitas terapan di Pembangkit Jawa-Bali (PJB). Sebuah politeknik juga sudah didirikan di Sampang.

"Untuk itu bagi mahasiswa lulusan D4 PENS ITS, bisa melanjutkan sekolahnya di Pasca Sarjana Sains Terapan ini dengan SPP Gratis. Ke depannya, di PENS sendiri saya harapkan biaya pendidikannya tidak lebih mahal dibandingkan tahun ini," kata dia.

Bangunan 12 lantai itu pada tahap strukturnya saja sudah menelan dana dari APBN 2012 senilai Rp30 miliar. Tahun depan diharapkan gedung ini selesai dan mampu menampung 720 mahasiswa pasca sarjana setiap tahunnya.(edy)

Teks Foto :
- M. Nuh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Foto : Eddy suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.