RSSFacebookTwitterHandphone    Jumat, 25 April 2014 | 16:44 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
KELANA KOTA 
11 Oktober 2012, 10:50:18 | Laporan Eddy Prastyo

Finalisasi KHL dan UMK Surabaya 2013 Didemo Pekerja

suarasurabaya.net - Finalisasi usulan angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan Upah Minimum Kota (UMK) Surabaya yang rencananya dibahas hari ini di kantor Disnaker Surabaya akan diunjukrasa sekitar seratus massa pekerja dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Jamaludin Ketua Serikat Pekerja Aneka Industri FSPMI pada suarasurabaya.net mengatakan pertemuan terakhir Dewan Pengupahan membahas UMK Surabaya tahun 2013 ini jadi tolok ukur penting untuk penentuan UMK sejumlah kabupaten/kota kantong industri utama Jawa Timur.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada tarik menarik dan saling intip usulan UMK di kawasan Ring 1 meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Malang.

Apalagi pembahasan KHL dan UMK oleh Dewan Pengupahan Surabaya dinilai Jamaludin sangat tertutup. Hingga kini informasi usulan angka-angka KHL dan UMK yang berkembang di Dewan Pengupahan Surabaya selalu dipegang rapat-rapat oleh para anggotanya.

"Kita tidak ingin pembahasan UMK yang menyangkut hajat hidup pekerja di Surabaya sampai lolos dalam pengawalan publik. Aksi ini kami lakukan agar mereka (dewan pengupahan Surabaya) paham bahwa mereka diawasi meskipun dalam pembahasan itu ada perwakilan pekerja juga," kata Jamaludin.

Tertutupnya pembahasan KHL dan UMK Surabaya itu juga dicurigai Jamaludin, sarat dengan kongkalikong dan lobi-lobi agar UMK Surabaya tidak naik terlalu tinggi untuk mengatrol daerah lain juga tidak memasang UMK-nya tidak terlalu tinggi pula.

Tapi hal ini pernah dibantah Dwi Purnomo Ketua Dewan Pengupahan Surabaya. Kata Dwi Purnomo yang juga Kepala Disnaker Kota Surabaya ini, dirinya menjamin tidak ada transaksi dalam pembahasan UMK 2013. Buktinya, hingga hari ini, perwakilan pekerja dan pengusaha belum sepakat tentang komponen listrik di usulan KHL.(edy)


1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved FAQ Kontak