KELANA KOTA

Bupati Jamin UMK Sidoarjo 2013 Lebih Tinggi dari Kabupaten Pasuruan

Laporan Eddy Prastyo | Senin, 22 Oktober 2012 | 18:16 WIB
suarasurabaya.net - Saiful Ilah Bupati Sidoarjo memutuskan besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sidoarjo akan lebih tinggi dari Kabupaten Pasuruan. Keputusan ini dihasilkan dalam pertemuan dengan 24 perwakilan Serikat Buruh/Serikat Pekerja yang berunjukrasa siang hingga sore tadi.

Datang bertepatan dengan tenggat waktu yang diberikan buruh dan pekerja yang berunjukrasa pukul 16.00 WIB tadi, pertemuan berlangsung kondusif. Dalam pertemuan tadi, disampaikan pula hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan unsur buruh dan pekerja di Dewan Pengupahan Sidoarjo.

Sukarji Wakil Ketua Dewan Pengupahan Sidoarjo dari unsur serikat buruh/pekerja mengatakan angka KHL Sidoarjo versi pekerja adalah Rp1.473.875. Dengan tuntutan UMK sama dengan 110% KHL, maka usulan UMK Sidoarjo adalah Rp1.621.263.

Sementara survey KHL yang dilakukan sendiri oleh unsur pengusaha sebesar Rp1.290.000. Angka KHL versi pengusaha itu jauh lebih rendah daripada usulan UMK Dewan Pengupahan Kabupaten Pasuruan minus unsur pengusaha sebesar Rp1.552.000. Usulan angka UMK Dewan Pengupahan Kabupaten Pasuruan ini sampai hari ini belum diputuskan Bupati Pasuruan.

Saiful Ilah Bupati Sidoarjo tadi mengatakan secara alamiah ekonomi, harusnya memang kebutuhan hidup Sidoarjo lebih tinggi daripada Kabupaten Pasuruan. Karena itu dia berani menjamin ke para buruh dan pekerja yang berunjukrasa, UMK Sidoarjo tidak akan lebih rendah dari Kabupaten Pasuruan. "Minimal sama atau lebih tinggi sedikit," kata dia.

Rencananya Rabu lusa, Dewan Pengupahan Sidoarjo akan mengadakan rapat lanjutan mempertemukan usulan unsur pekerja/buruh dan unsur pengusaha. Sumarbowo Kepala Dinsosnaker Sidoarjo mengatakan sampai sekarang ada 3 komponen KHL yang belum mencapai kata sepakat, yakni kos-kosan, transportasi, dan listrik. "Mudah-mudahan pertemuan lusa bisa mendapat hasil maksimal," kata dia.

Saiful Ilah tadi menyampaikan langsung hasil pertemuan dengan perwakilan serikat buruh-serikat pekerja di depan massa yang sudah menunggu sejak siang di depan Pendopo.

Setelah mendapat jaminan dari Bupati, massa buruh dan pekerja tadi pulang dengan tertib. Polisi tetap melakukan pengawalan bubarnya mereka.(edy)

Teks Foto:
- Saiful Ilah Bupati Sidoarjo menyampaikan jaminan pada pengunjukrasa bahwa UMK Sidoarjo akan diputuskan sama atau lebih besar daripada Kabupaten Pasuruan.
Foto : Eddy suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.