KELANA KOTA

Operasi Selat Bali Warnai Hari Armada

Laporan Fatkhurohman Taufik | Rabu, 05 Desember 2012 | 10:55 WIB
suarasurabaya.net - Pertunjukan kolosal sejarah operasi lintas laut di Selat Bali warnai puncak peringatan hari Armada Republik Indonesia di Dermaga Ujung Surabaya, Rabu (5/12/2012). Sekitar seratusan pasukan tampak meriahkan teatrikal yang disaksikan langsung oleh Laksamana TNI Agus Suhartono, Panglima TNI.

Pertunjukan kolosal ini menceritakan proses pendaratan pasukan M yang dipimpin oleh Kapten Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Markadi. Pasukan M adalah pasukan rakyat untuk mendukung perjuangan I Gusti Ngurah Rai dalam melaksanakan Puputan Margarana.

Pasukan M juga merupakan tulang punggung gerilyawan pendukung kemerdekaan yang diutus secara langsung oleh Markas Besar Umum TKR guna membantu perlawanan rakyat Bali atas pendudukan tentara Belanda.

Tugas pasukan pimpinan Kapten Markadi adalah untuk melakukan perlawanan di Selat Bali dan ini merupakan operasi pertama Angkatan Laut untuk melawan pendudukan Belanda.

Selain melakukan penyerangan di Selat Bali, tugas Markadi juga untuk membentuk pangkalan TKR Laut di Bali sekaligus mengorganisir basis perjuangan rakyat di berbagai wilayah di Bali.

Meski pasukan M pimpinan Markadi sukses mengusir Belanda, namun Kapten Markadi seolah tidak mau dikenang seperti telah dituangkan dalam simbolnya “Menang tak dibilang, gugur tak dikenang". (Fik)

Teks Foto :
-Drama Kolosal peperangan Selat Bali
Foto : Taufik suarasurabaya.net
Editor: Eddy Prastyo



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.