KELANA KOTA

Sebanyak 700 Personel Yonif 412 Raider Diberangkatkan Jaga Perbatasan Papua

Laporan Fatkhurohman Taufik | Kamis, 31 Januari 2013 | 13:13 WIB
suarasurabaya.net - Sebanyak 700 personel dari Yonif 412 Raider, Kamis (31/1/2013) diberangkatkan ke Papua untuk bergabung dalam pengamanan daerah perbatasan. Mereka ini dilepas dengan upacara militer yang digelar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siang tadi.

Dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net , upacara tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Divif 2 Kostrad Mayjen TNI M. Setyo Sularso, sedangkan selaku Komandan upacara adalah Mayor (INF) Taufiq Sega, yang tugas sehari – harinya sebagai Komandan Yonif 412 Raider. Selain pejabat dari lingkungan TNI AD pelepasan para personel ke Papua ini juga tampak hadir pula Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (E) Ir. Antar Setiabudi.

Mayjen TNI  M.Setyo Sularso mengatakan bahwa Penugasan ini merupakan bagian dari OMSP (Operasi Militer Selain Perang) sebagaimana yang tertuang dalam UU no. 34/2004, yang dilandasi oleh kebijakan Politik luar negeri Indonesia yaitu Politik Bebas dan Aktif. Tugas pengamanan perbatasan ini Berdimensi Diplomasi antar kedua Negara, menjaga wilayah Tapal Batas Indonesia dan Papua Nugini.

Untuk itu diperlukan suatu Hubungan kerjasama  yang baik antar kedua Negara. Karenanya, kepada Komandan Batalyon dan Seluruh Prajurit diminta untuk bisa Cerdas, Peduli dan Kreatif serta Bijaksana dalam menyelesaikan setiap persoalan  dan permasalahan yang timbul. “Jalin terus hubungan antara Bawahan dengan Atasan, Laksanakan Koordinasi yang baik dengan Satuan Pengamanan Negara Papua Nugini dan Pemerintah Daerah serta Masyarakat setempat," kata Mayjen TNI  M.Setyo Sularso.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Panglima Divif 2 Kostrad juga mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada seluruh pasukan Yonif 412 Raider.

Sementara itu, pada akhir upacara tersebut seluruh hadirin berkenan memberikan ucapan selamat Bertugas, kepada seluruh personil Yonif 412 Raider. Selanjutnya seluruh Pasukan menuju ke KRI Banda Aceh 593 yang akan membawa menuju Daerah Operasi.

Dengan cuaca yang kurang Kondusif ini, menurut Komandan KRI Banda Aceh 593 Letkol Laut (P) Suratun, perjalanan membutuhkan kurang lebih 10 hari. Kemungkinan besar mereka juga akan singgah di kota Ambon untuk menambah Logistik yang di perlukan. (fik)

Teks Foto :
- personel dari Yonif 412 Raider, ketika bersiap diberangkatkan ke Papua, Kamis (31/1/2013).
Foto : Penerangan Lantaman V.



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kecelakaan, Muatan Sabun...
Desy dan Firdian Rifky