KELANA KOTA

Sistem UKT, Biaya Kuliah Bisa Lebih Murah

Laporan Iping Supingah | Rabu, 13 Februari 2013 | 11:39 WIB
suarasurabaya.net - Pemerintah berharap tahun akademik 2013 seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) sudah melaksanakan sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Artinya PTN harus menyederhanakan seluruh biaya kuliah dalam satu paket. Tidak ada lagi bermacam-macam pungutan yang bisa memberatkan mahasiswa.

Dengan sistem UKT ini, biaya kuliah bisa lebih murah, karena biaya operasional PTN juga didukung pemerintah, selain dari uang kuliah mahasiswa.

Menyikapi rencana sistem UKT yang akan berlaku di seluruh PTN, Prof. Dr. H. Fasich, Apt, Rektor Unair Surabaya pada Jose Asmanu reporter Suara Surabaya di Jakarta, Rabu (13/2/2013) mengatakan, sebelum diputuskan, komunitas PTN di Jatim akan bertemu.

"Pertemuan ini untuk menyamakan persepsi, jangan sampai antar PTN itu berbeda," ujarnya.

Djoko Santoso Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud mengatakan, setiap PTN diminta segera mengirim pagu uang kuliah. Ini penting untuk standarisasi uang kuliah. (jos/ipg)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.