KELANA KOTA

Roti Arjuna Buatan Napi Ada di Lapas Medaeng

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 25 April 2013 | 14:43 WIB
suarasurabaya.net - Puluhan narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medaeng menuangkan keahlian mereka dalam mengolah adonan menjadi roti-roti yang tak kalah dengan produk di luaran.

Indro Purwoko Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur saat berbincang dengan suarasurabaya.net mengatakan, kegiatan produksi ini dilakukan untuk memberikan bekal pada para Napi agar setelah bebas nanti bisa memiliki ketrampilan.

"Kalau produksi di dalam Rutan ini bukan semata-mata untuk tujuan profit tapi pembinaan ini ditekankan semata-mata untuk memberikan bekal ketrampilan pada mereka," kata Indro usai meresmikan pabrik roti di Lapas Kelas I Medaeng, Kamis (25/4/2013).

Untuk pemasaran sendiri, kata Indro, masih dilakukan di dalam Lapas karena untuk menuju ke arah penjualan di luar Lapas memerlukan izin baik izin usaha maupun merk.

Sementara, Harianto Wakil Pimpinan CV AMA mengatakan, pihaknya sudah menggandeng dua Lapas untuk membekali ketrampilan Napi dalam produksi roti ini. Yang pertama dilakukan di Lapas Cipinang dan berhasil melebarkan produksi roti ini hingga mendirikan sebuah kafe yang isinya buatan Napi semua.

"Next step kita akan mendapatkan izin tentang produksi ini namun untuk masalah higienitas cukup baik dan bersih serta standart internasional yang baik," ujar dia.

Napi yang memproduksi roti Arjuna di dalam Lapas Medaeng ini, kata Agus Irianto Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medaeng berjumlah 20 orang Napi yang terdiri dari Napi laki-laki dan perempuan.

"Napi yang ada di ruang produksi juga tidak sembarangan, mereka harus sudah jadi Napi kemudian dilihat dari latar belakang pendidikan misalnya basic ekonomi atau tata boga," ujar dia.

Agus berharap, dengan adanya pabrik roti ini, kreativitas Napi bisa lebih berkembang dan nantinya mereka bisa membuat usaha sendiri jika keluar dari Lapas. (dwi)

Teks Foto :
- Indro Purwoko Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur saat meninjau lokasi produksi roti di Lapas Kelas I Medaeng
Foto : Dwi suarasurabaya.net
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.