RSSFacebookTwitterHandphone    Kamis, 24 April 2014 | 17:57 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
KELANA KOTA 
20 Mei 2013, 19:17:00 | Laporan J. Totok Sumarno
HUT ke-720 Kota Surabaya

Pameran 10 Museum Tampilkan Juga Seragam Banser Korban Bom

suarasurabaya.net - Memeriahkan HUT ke-720 tahun Kota Surabaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkot Surabaya menggelar pameran 10 museum se-Jawa Timur. Bertema: Museum di Hatiku, mulai Senin (20/5/2013).

Ratusan benda dari 10 museum se-Jawa Timur, ditata dan dipamerkan di Museum 10 November yang berlokasi di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Diantaranya adalah Museum Jember, Museum Trinil, Museum Airlangga, Museum Brawijaya, Museum Keraton Sumenep, Museum Kambang Putih, Museum Nahdlatul Ulama, Museum Buana Keling dan Museum Anjuk Ladang.

Memamerkan berbagai benda purbakala, fosil tengkorak manusia, hingga benda-benda perjuangan rakyat Indonesia melawan tentara Belanda, dipamerkan juga baju seragam Banser yang dikenakan Riyanto anggota Banser NU yang meninggal dalam peristiwa pemboman Gereja Bethel di Mojokerto tahun 2001.

“Baju seragam ini memang orisinil yang dikenakan oleh Riyanto. Beberapa bagian baju memang sudah robek terkena pecahan bom, ketika itu. Ini secara khusus memang kami minta dari keluarga,” papar Ahmad Kamali satu diantara penjaga stand Museum Nahdlatul Ulama.

Kepada suarasurabaya.net, Kamali juga menambahkan bahwa seragam baju Banser tersebut, sehari-harinya ada di Museum Nahdlatul Ulama, sebagai satu diantara koleksi museum.

“Mudah-mudahan keberadaan baju seragam Riyanto anggota Banser itu bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang,” lanjut Kamali.

Sementara itu, selain hadirnya baju seragam banser, di museum NU juga dihadirkan beberapa benda pusaka bersejarah milik para tokoh Nahdlatul Ulama.

Pameran 10 museum yang menjadi satu rangkaian dalam peringatan HUT ke-720 tahun Kota Surabaya tersebut dibuka setiap hari untuk masyarakat umum. “Harapan kami demikian. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengenali museum di Jawa Timur,” ungkap Moch. Sutopo SE ketua UPTD Tugu Pahlawan saat berbincang dengan suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Teks foto:
-Baju seragam Riyanto anggota Banser NU korban pemboman.
Foto: Totok suarasurabaya.net


Editor: Iping Supingah


1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright © 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved · FAQ · Kontak