KELANA KOTA

Karang Taruna Desa, Bertekat Memajukan Ekonomi Provinsi

Laporan Wakhid Muqodam | Kamis, 30 Mei 2013 | 16:56 WIB
suarasurabaya.net - Pertumbuhan ekonomi di Kota ataupun Provinsi, tidak lepas dari eksistensi anak muda yang ada di desa atau anggota Karang Taruna.

Anna Luthfie Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Provinsi Jawa Timur mencontohkan, ketika Pemerintah mempunyai program mengurangi angka kemiskinan, mengurangi angka pengangguran, sasaran yang tepat adalah anggota Karang Taruna.

"Ketika Karang Taruna difasilitasi, diberikan bermacam-macam kegiatan di Desa, hal itu akan berpengaruh terhadap program pemerintah. Karena ada perputaran ekonomi, dan itu pasti akan mengurangi angka urbanisasi," kata Anna Luthfie ketika ditemui suarasurabaya.net Kamis (30/5/2013) disela-sela Rakerda I Karang Taruna Provinsi Jawa Timur.

Syaifullah Yusuf wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur menyempatkan hadir dalam acara tersebut. "Tadi Gus Ipul sempat hadir dan memberikan pesan, anak-anak muda jangan pasif, pro aktif dan aktif untuk melakukan kegiatan - kegiatan yang positif, mulai dari kegiatan olahraga, seni, kegiatan ekonomi produktif," kata Anna Luthfie.


Rakerda yang berlangsung dari 29-30 Mei 2013 di Hotel yang berada di kawasan tanjung perak tersebut, diikuti 38 perwakilan Karang Taruna Kabupaten se-Jawa Timur. Jumlah anggota Karang taruna seJawa Timur 7 - 8 juta.

"Anggota Organisasi Karang taruna secara keseluruhan tidak kurang dari 7 - 8 juta, Organisasi KT merupakan organisasi yang strategis, karena yang bergabung adalah anak-anak muda yang mempunyai energi yang luar biasa. Jika dikelola dan di fasilitasi akan menjadi kekuatan yang luar biasa," Jelas Anna Luthfie.

Menurut Luthfie, sebagai salah satu organisasi pemerintah di bawah Dinas Sosial tidak bisa berharap hanya dari alokasi dana dari pemerintah Provinsi yang ada dalam APBD. Sehingga pihaknya mencoba membangun hubungan baik kepada semua pihak, perusahaan multi nasional, BUMN, BUMD, untuk mewujudkan kemandirian anak-anak muda. (wak/rst)

Teks Foto:
- Anna Luthfie Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Provinsi Jawa Timur.
Foto:
Wakhid suarasurabaya.net
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.