KELANA KOTA

Museum di Surabaya Harus Berbenah

Laporan Wakhid Muqodam | Selasa, 02 Juli 2013 | 14:00 WIB
suarasurabaya.net - Kondisi suatu tempat mempengaruhi kenyamanan orang yang ada didalamnya. Ini berlaku juga terhadap museum-museum yang ada di Surabaya.

Aminuddin Kasdi Ketua Masyarakat Sejarah Indonesia Jawa Timur ketika dihubungi Suara Suarabaya Selasa (2/7/2013) mengatakan, minat warga untuk berkunjung ke museum harus ditingkatkan. Banyaknya warga yang berkunjung dipengaruhi pula oleh kondisi museum.

"Minat warga untuk berkunjung ke museum harus ditingkatkan, dengan memberikan motivasi. Tetapi Kondisi museum juga harus dibenahi, karena sangat berpengaruhi terhadap keinginan warga untuk berkunjung. Keduanya harus diperbaiki," kata Aminuddin Kasdi.

Dia menambahkan, langkah awal adalah memperbaiki kondisi museum terlebih dulu. Museum harus mampu menyajikan sesuatu yang menarik, lebih hidup, yang ada hubungannya dengan aktualitas masa kini. "Akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan media atau ruang untuk melakukan rekonstruksi, bagaimana mengembangkan masa lalu ke masa depan, supaya kita tidak kehilangan jati diri," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Museum yang ada di Surabaya nampaknya belum mampu menggambarkan seluruh perjalanan Kota Surabaya. Surabaya memiliki sejarah panjang, seharusnya memiliki museum yang mampu menampung koleksi, hasil karya, kreatifitas yang berasal dari inspirasi dari peninggalan berserah secara menyeluruh dari awal berdirinya Surabaya hingga sekarang ini. (wak)

Foto : Ilustrasi Museum 10 November Surabaya
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.