KELANA KOTA

SBY Lantik Anak Kepala Suku Dani Jadi Perwira Polisi

Laporan Fatkhurohman Taufik | Selasa, 02 Juli 2013 | 16:09 WIB
suarasurabaya.net - Yali Mabel tak bisa menyembunyikan kegiaraannya. Kepala Suku Dani, Papua ini datang ke Markas Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya, dengan topi khas dengan tiga bulu burung Cenderawasih putih.

Duduk di bangku paling depan, Yuli Mabel tak bernah berkedip memandangi sang putra, Albertus Mabel, taruna Akademi Kepolisian, yang siang tadi, Selasa (2/7/2013) berdiri paling depan di deretan tengah barisan calon perwira polri.

Siang tadi, Yuli Mabel memang mendapatkan anugerah karena satu dari 30 anaknya dilantik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden, sebagai perwira polisi. Bersama 451 perwira remaja TNI dan 285 perwira remaja Polri, Albertus kini resmi menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua.

Yali Mabel yang lebih dari 40 tahun menjadi Kepala Suki Dani Papua ini mengaku tak menyangka jika dirinya kini memiliki anak polisi.

Selain Albertus Mabel, satu dari anaknya yang bernama Wamili Mabel kini juga masih menjalani masa pendidikan sebagai taruna Akademi Kepolisian.

Yali Mabel, yang lebih fasih berbahasa Inggris daripada Indonesia ini menuturkan. Dari 30 anak dari 5 istrinya, memang ada dua anaknya yang sangat menonjol. "Selain pintar, dua anak saya ini, juga tinggi besar jadi pantas kalau jadi polisi," kata Yali Mabel.

Kelak, kata dia, Albertus Mabel inilah yang akan menggantikan dirinya sebagai Kepala Suku Dani setelah dirinya meninggal.

Yali Mabel mengisahkan, Albertus Mabel dan Adiknya Wamili Mabel, awalnya sempat mengenyam sekolah SMA di Kota Jayapura, namun setelah lulus dua anaknya ini pulang ke Dani untuk menemani sang ayah.

Yali Mabel yang kerap berkeliling dunia untuk mengkampanyekan kehidupan Suku Dani, inipun juga kerap mengajak anaknya itu. "Suatu saat saya ditawari salah satu saudara jauh, bagaimana kalau Albertus dan adiknya masuk polisi. Ya saya iyakan saja," kata dia.

Dan kini, Albertus Mabel resmi menjadi polisi berpangkat Letnan Dua dan siap untuk bertugas di markas kepolisian. Adiknya, tahun depan juga akan segera menyusul dilantik sebagai Polisi. "Saya berharap, anak saya bisa menjaga keamanan Papua dan Indonesia," ujarnya. (fik)

Teks Foto : Yali Mabel, ketika berada di Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya.
Foto : Taufik suarasurabaya.net


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Pasca Kebakaran di Gudang...
zaenalershonk