KELANA KOTA

Kecelakaan-Kecelakaan di Surabaya Libatkan Pengemudi Anak

Laporan Fatkhurohman Taufik | Selasa, 10 September 2013 | 00:08 WIB
suarasurabaya.net - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara anak di bawah umur seperti yang dialami anak musisi Ahmad Dani, bukan kali ini saja dan tidak hanya terjadi di Jakarta.

Dalam catatan suarasurabaya.net, kelalaian orang tua membiarkan anaknya mengendarai mobil juga beberapa kali terjadi di Surabaya.

Meski tak semuanya berujung pada kecelakaan maut seperti yang terjadi tol Jagorawi, namun beberapa catatan menunjukkan beberapa kasus melibatkan anak yang belum cukup umur untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasus itu diantaranya :

1. Senin 9 September 2013. Sebuah Toyota Wish yang dikemudikan pelajar SMA usia 17 tahun dan belum memiliki SIM bertabrakan dengan Nissan Serena, hingga terbalik. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

2. Minggu 31 Maret 2013. Saat itu Honda Freed matic nomor polisi L 1915 NY yang dikemudikan seorang anak SMP mengalami copot ban di Jl Ir Soekarno, Merr 2C Surabaya. Meski tak sampai mengakibatkan korban jiwa, namun kecelakaan itu membuat Honda Freed melintang di tengah jalan dan membuat kemacetan panjang.

3. Rabu 30 Januari 2013. Seorang anak berusia 15 tahun juga sempat membawa kabur mobil Xenia nomor polisi L 1347 YG, milik ayahnya. Bahkan mobil tersebut sempat dibawa kabur oleh anak yang belum memiliki SIM itu hingga dua hari, sebelum akhirnya polisi berhasil menghentikan mobil dan menyerahkan mobil beserta anak yang mengendarai mobil itu ke orang tuanya.

4. Selasa 25 April 2011. Seorang pelajar SMA yang masih berumur 16 tahun dan belum memiliki SIM juga nekat mengendarai BMW dengan nomor polisi L 1717 DW milik ayahnya. Mobil itu terlibat kecelakaan beruntun yang melibatkan Honda Jazz, serta lima sepeda motor. Akibat kecelakaan itu, tujuh orang mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit. Kasus ini sempat menjadi perhatian publik, karena pengendara mobil sempat melarikan diri.

5. Sabtu 1 Oktober 2011. Terjadi kecelakaan yang melibatkan pelajar SMA yang masih berumur 16 tahun. Kecelakaan di Jl Sulawesi, Surabaya itu, mengakibatkan seorang ibu yang sedang hamil tewas tertabrak.

Banyaknya pengendara mobil anak di bawah umur dan belum memiliki SIM di Surabaya juga jadi catatan polisi. Bahkan pada tahun 2007 silam, Polwiltabes Surabaya sempat merilis jika 90 persen pelanggar lalu lintas yang tak memiliki SIM, 90 persen diantaranya adalah melibatkan anak di bawah umur. (fik/edy)

Teks Foto :
- Enam orang mengalami luka-luka setelah 5 sepeda motor yang mereka tumpangi ditabrak dari belakang oleh sebuah sedan BMW L 1717 DW warna Hitam di perempatan Traffic Light (TL) MERR kampus C Universitas Airlangga, Selasa (26/04/2011)
Foto : dok suarasurabaya.net
Editor: Eddy Prastyo



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.