KELANA KOTA

10-13 Oktober Puncaknya Suhu Panas di Surabaya

Laporan Rangga Umara S. | Senin, 23 September 2013 | 14:49 WIB
suarasurabaya.net - Panasnya udara di Kota Surabaya beberapa hari belakangan ini bukan yang terburuk. Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, pada kisaran tanggal 10 hingga 13 Oktober 2013 mendatang, temperatur udara Kota Surababaya akan mencapai puncaknya tahun ini. Itu karena letak matahari berada pada posisi lintang geografis persis di atas Kota Surabaya.

Teguh Tri Susanto Prakirawan BMKG Juanda mengatakan posisi matahari hari ini terpantau berada persis di atas garis katulistiwa. Daerah yang dilewati garis katulistiwa, kata dia, hari ini relatif akan merasakan suhu udara yang cukup tinggi.

Di Surabaya, lanjut Teguh, pada posisi matahari berada di atas garis lintang 7 derajat 15 menit dan 55 detik, kelembaban udara akan anjlok sampai dengan rata-rata di bawah 50%. Suhunya diprakirakan maksimal bisa hingga 36 derajat celsius. Dalam 30 tahun terakhir, suhu udara tertinggi Jawa Timur masih dipegang Surabaya pada bulan Oktober 1989. Saat itu suhu mencapai 37 derajat celsius.

Thomas Djamaluddin Deputi Bidang Sains Pengkajian Informasi dan Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada suarasurabaya.net mengatakan pada posisi matahari persis di atas ubun-ubun, udara makin terasa panas jika pergerakan udara minim.

Nah pada kondisi puncak suhu tinggi di musim kemarau tahun ini, diprakirakan situasinya lebih buruk dibanding tahun sebelumnya. Itu karena tidak ada efek pendinginan dari Australia.(edy)

Teks Foto :
- Tambak yang mengering di Sukolilo
Foto : dok suarasurabaya.net
Editor: Eddy Prastyo



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kecelakaan, Muatan Sabun...
Desy dan Firdian Rifky