RSSFacebookTwitterHandphone    Rabu, 16 April 2014 | 15:14 WIB
  Daftar!   Lupa Password?  
KELANA KOTA 
10 November 2013, 13:29:01 | Laporan Teguh Ardi Srianto

Keluarga Hario Kecik Serahkan Senjata Ayahnya Ke Walikota

suarasurabaya.net - Koleksi benda-benda bersejarah yang dimiliki Pemkot Surabaya dipastikan terus bertambah, bersamaan dengan diserahkannya barang milik Suhario Padmodiwiryo atau yang lebih dikenal dengan Hario Kecik, dari keluarga mereka pada Tri Rismaharini Walikota Surabaya, di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/11/2013).

Penambahan benda bersejarah itu, sekaligus kado istimewa untuk Surabaya, karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Barang-barang milik Hario Kecik diserahkan Girindro Hanantoseno, Putra Kedua Hario Kecik. Girindro datang didampingi Satrio Bimo adiknya.

Beberapa barang milik Mantan Jenderal yang ikut melakukan pengepungan markas Polisi Rahasia Kempetai itu, diantaranya sepucuk pistol jenis Mauser, buku mengenai intelejen pada masa peperangan yang ditulis Hario Kecik dan buku Memoir Hario Kecik.

Hario Kecik merupakan pejuang 45 dan satu diantara pendiri Kesatuan Militer Republik Indonesia. Pengalamannya di Fort Benning, Georgia, AS (1956) dan College Suvorov Moskow (1965) menjadikan Hario Kecik jadi satu-satunya perwira militer dari Indonesia yang memiliki pengalaman di dua pusat kekuasaan dunia waktu itu. “Penyerahan barang-barang bersejarah ini, murni amanat dari bapak (Hario Kecik) sendiri. Sekiranya ini semua bisa disumbangkan kepada museum sehingga menjadi berguna bagi generasi muda,” kata Girindro.

Menurut Girindro, pistol Mauser lengkap dengan sarungnya merupakan satu diantara benda kesayangan ayahnya. Senjata buatan Jerman yang kondang pada era Perang Dunia I dan II tersebut, kata Girindro, selalu digunakan Hario Kecik hampir disetiap pertempuran sepanjang karirnya. “Semoga benda-benda ini dapat merepresentasi kronologi dan kejelasan sejarah langsung dari pelaku sejarahnya sendiri,” imbuhnya.

Sementara Tri Rismaharini Walikota Surabaya menyambut baik bertambahnya koleksi benda-benda bersejarah ini. Nantinya, benda-benda tersebut akan ditempatkan di museum 10 Nopember, di kawasan Tugu Pahlawan. Risma juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Suhario Padmodiwiryo.

Sebelumnya, keluarga Mayjend Soengkono juga sudah menyerahkan beberapa dokumen dan benda bersejarah milik Mantan Komandan Badan Keamanan Rakyat (BKR) Kota Surabaya itu.

Diantaranya tanda anggota Badan Keamanan Rakyat sebagai komandan BKR Kota Surabaya, tanda anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Panglima Besar Soedirman sebagai Panglima Divisi I/Gubernur militer Jawa Timur, kata pengantar soengkono sebagai bekas komandan BKR Surabaya (tulisan tangan), dan surat tanda jasa sebagai “pahlawan” dari Presiden Soekarno tertangal 10 Nopember 1945, juga piagam tanda kehormatan “Bintang Mahaputera Adipradana” dari Presiden Soekarno tertanggal 14-1-1980, serta Bintang Mahaputra Adipradana.

Keluarga Soengkono juga menyerahkan dua buah tongkat komando, sepasang sarung dan kemeja hitam bekas pakaian pada waktu memimpin gerilya, dua baju dinas terakhir sebelum Soengkono purnabakti, lengkap dengan tanda pangkat, juga bendera resimen “Djoko Tole” dari Divisi Narotama tahun 1946.

“Dengan terbukanya akses bagi masyarakat menyaksikan benda-benda bersejarah tersebut, diharapkan bisa menjadi media belajar untuk generasi muda,” tegas walikota. (tas/rst)

Teks Foto :
1. Walikota Surabaya menerima pistol dari keluarga Hario Kecik, di sela Peringatan Hari Pahlawan ke-68 di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/11/2013).
2. Pistol milik Hario Kecik diserahkan lengkap dengan sarungnya yang terbuat dari kayu.
Foto : Teguh suarasurabaya.net


Editor: Restu Indah


1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
5. Partai Golongan Karya (Golkar)
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Rumah Sakit Mata Undaan
Age Related Macular Degeneration, Penurunan tajam penglihatan pada orang tua sebagian besar karena proses... [detil]
Rumah Sakit Darmo
Tuli Kongenital, Deteksi Dini dan Intervensi, Pendengaran merupakan salah satu indera pada manusia yang berhubungan erat... [detil]
Rumah Sakit Premier
RS Premier Raih Sertifikat JCI, Mimpi tentang kenyamanan dan keselamatan bagi pasien, di RS Premier akan... [detil]
E 100 ON FACEBOOK 
Copyright © 2012 suarasurabaya.net, All Rights Reserved · FAQ · Kontak