KELANA KOTA

UMK 2015 Surabaya Rp2.710.000, Buruh Stop Unjuk Rasa

Laporan Fatkhurohman Taufik | Kamis, 20 November 2014 | 16:34 WIB
Ilustrasi. Foto : Dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Soekarwo Gubernur Jawa Timur memutuskan besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Surabaya sebesar Rp2.710.000. Keputusan ini diputuskan melalui rapat internal Dewan Pengupahan yang dipimpin langsung oleh Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Kamis (20/11/2014).

"Pak Gubernur sudah memutuskan, saat ini tinggal mengundangkannya dalam Peraturan Gubernur," kata Edy Purwinarto, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur.

Menurut Edy, selain Surabaya, keputusan UMK juga telah disetujui untuk seluruh kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur.

Dari data yang ada, untuk Kabupaten Gresik UMK yang disepakati sebesar Rp2.707.500; sedangkan Sidoarjo sebesar Rp2.705.000; Kabupaten Pasuruan Rp2.700.000; dan Kabupaten Mojokerto sebesar Rp2.695.000.


"Pergubnya ditandatangani hari ini, tapi nomor pergubnya berapa ini masih disusun oleh Biro Hukum," kata Edy Purwinarto.

Sementara itu, dengan pengumuman ini, lebih dari lima ribu buruh yang sejak pagi berunjuk rasa di Grahadi secara berangsur langsung membubarkan diri. Jl. Gubernur Suryo saat ini juga mulai dibuka kembali.

"Angka ini merupakan angka kompromi yang bisa kami perjuangkan. Buruh sudah menyetujui angka ini sehingga besok sudah tak ada lagi unjuk rasa," kata Khamim Tohari, dari FSPMI. (fik/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 5
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.