KELANA KOTA

Di Surabaya Barat akan Dibangun Taman Setara Taman Bungkul

Laporan Denza Perdana | Senin, 27 Juni 2016 | 18:23 WIB
Ilustrasi. Anak-anak muda penyuka Skateboard, bermain-main di Taman Bungkul Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI membangun sebuah taman seluas 1,5 hektare di Surabaya Barat, yang akan menyaingi Taman Bungkul.

M Aswan Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya mengatakan, taman itu adalah bantuan dari Kementerian PUPR.

"Setahu saya progres pengerjaan sudah berlangsung sejak Mei lalu, dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR. Jadi ini murni dikerjakan oleh Kementerian PUPR," ujarnya, Senin (27/6/2016).

Konsep taman itu lebih ke arah olahraga, refleksi dan rekreasi. Adapun lokasi taman yang juga dilengkapi kolam air mancur nantinya berada di sekitaran Kantor Kecamatan Pakal, tidak jauh dari Taman Cahaya.


Aswan mengatakan, luasan dan konsep taman ini diprediksi tidak akan kalah dengan Taman Bungkul. Dengan demikian, masyarakat yang berdomisili di Surabaya Barat tidak perlu jauh-jauh ke Taman Bungkul.

"Ya nanti itu memang supaya masyarakat yang di Surabaya Barat tidak perlu jauh-jauh ke Taman Bungkul. Karena kan menghabiskan bensin juga," katanya.

Adapun investasi untuk pembangunan taman ini, kata Aswan, senilai Rp5 miliar. Pemkot Surabaya hanya menyediakan lahan untuk taman.

"Jadi baik dana dan proses pengerjaan, seluruhnya oleh Kementerian PUPR," katanya.

Aswan mengatakan, pada tahun 2016 ini, Pemkot Surabaya akan membangun 30 taman baru. Jumlah tersebut, tidak termasuk taman yang dibangun oleh Kementerian PUPR di daerah Pakal.

Aswan berharap adanya taman baru ini akan memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH).

Mengenai Taman Bulak di depan Sentra Ikan Bulak (SIB), Aswan mengatakan, Pengerjaan taman ini dikebut hingga malam hari.

"Supaya cepat selesai. Karena targetnya Juli ini sudah selesai sebelum UN Habitat," terangnya.

Saat ini, progres taman depan SIB (Sentra Ikan Bulak) Kenjeran sudah mencapai 40 persen. Menurut Aswan, saat ini sudah mulai pembuatan area kolam untuk air mancur dan pondasi area kolam.(den/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.