KELANA KOTA

Anne Avantie: Industri Batik Indonesia Meningkat 100 Persen

Laporan Denza Perdana | Rabu, 11 Januari 2017 | 21:54 WIB
Anne Avantie menunjukan salah satu pakaian batik koleksinya di Ciputra World Surabaya, Rabu (11/1/2017). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Anne Avantie Desainer Nasional yang khas dengan karya kebayanya menyatakan, industri batik di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.

"Saya berani bilang, industri batik di Indonesia meningkat sampai 100 persen. Karena sekarang, batik tidak hanya dipakai pada hari Jumat," ujarnya setelah membuka Pasar Tiban 3 Anne Avantie, di Ciputra World Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Di Surabaya, kata Anne, pengguna batik adalah orang-orang kekinian alias anak muda, yang bahkan mengenakan batik hampir setiap hari.

"Saya lihat, batik sudah bisa diterima oleh semua lapisan dan kalangan masyarakat. Di Surabaya, saya melihat setiap hari ada yang memakai batik," katanya.

Tidak hanya itu, dari segi jenis, model, dan warna, masyarakat sudah tidak lagi mengkotakkan karya batik tertentu. Misalnya batik harus berwarna cokelat, atau pakaian batik harus batik tulis.

"Orang sudah mulai menghargai semua jenis batik. Tidak hanya batik tulis, tapi juga batik cap atau batik print. Karena ini urusan perut. Mereka (pengrajin batik) memiliki kesempatan yang sama dan berhak diapresiasi," ujarnya.(den/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA