KELANA KOTA

Pengecatan Klenteng Bagian Dari Kerja Bakti Umat Jelang Imlek

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 12 Januari 2017 | 14:21 WIB
Pengecatan ornamen klenteng mulai dilakukan umat Tri Dharma menjelang pelaksanaan persembahyangan pergantian tahun Imlek 2568. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Umat yang akan menggelar persembahyangan Imlek 2568 atau pergantian tahun tradisi Tionghoa di Surabaya mulai melakukan kerja bakti mempercantik lingkungan klenteng masing-masing.

Menjelang dilaksanakannya persembahyangan pergantian tahun dalam tradisi Tionghoa atau Imlek, umat Tri Dharma di Kota Surabaya mulai mempersiapkan diri dengan melakukan kerja bakti di sejumlah klenteng.

"Memang umat yang lebih banyak terlibat untuk melakukan kerja bakti menjelang Imlek. Biasanya kami pengurus klenteng hanya menyediakan sarananya saja. Tapi kadang memang umat sendiri yang memilih bekerja bakti membersihkan klenteng, apalagi menjelang Imlek nanti," ujar Leo pengurus Klenteng Dukuh di Jl. Dukuh, Surabaya.

Menurut Leo umat seringkali memang berkonsultasi terlebih dahulu dengan para pengurus klenteng sebelum melakukan kegiatan, seperti kerja bakti menjelang Imlek. "Kami hanya memberikan arahan-arahan saja. Selebihnya memang umat yang melaksanakan kerja bakti," kata Leo.

Klenteng Dukuh atau bernama asli Klenteng Hong Tiek Hian, adalah satu di antara klenteng yang cukup tua di Kota Surabaya. Dan pada hari besar seperti Imlek, dipastikan akan banyak umat yang hadir dan menggelar persembahyangan.

Tidak hanya melakukan bersih-bersih, dengan pengecatan beberapa ornamen klenteng, umat bersama dengan pengurus klenteng juga telah mempersiapkan beberapa keperluan persembahyangan. Mulai dari lilin persembahyangan hingga Kim Cua.

Di klenteng Hong San Ko Tee kawasan Jl. HOS Cokroaminoto Surabaya, pengurus klenteng masih menunggu hasil keputusan rapat pengurus untuk segera melakukan beberapa kegiatan termasuk persiapan persembahyangan Imlek.

"Kalau kerja bakti memang umat yang melakukan. Tapi pengurus klenteng yang memberikan arahan supaya tidak keliru. Mendekati pelaksanaan persembahyangan Imlek nanti umat juga akan menggelar kegiatan sosial bersama pengurus klenteng," ujar Juliani pengurus klenteng Hong San Ko Tee, Kamis (12/1/2017).

Pelaksanaan persembahyangan Imlek tahun ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (28/1/2017) mendatang. Saat menjelang malam pergantian tahun dipastikan umat akan berkumpul dan datang di klenteng-klenteng bersama keluarga melakukan doa untuk kerabat yang sudah meninggal.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.