KELANA KOTA

Pendapatan Parkir Meningkat, Pemkot Harus Bangun Banyak Gedung Parkir

Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 20 Maret 2017 | 11:34 WIB
Park and Ride di Jl. Mayjen Sungkono. Foto: Dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Profesor Johan Silas Pakar Pemukiman dan Perkotaaan mengatakan, parkir itu harus atas dasar sistem keadilan, yang parkir juga harus memikirkan yang tidak parkir. Perlu juga parkir progresif untuk tempat-tempat tertentu, mereka yang parkir lama harus bayar lebih mahal.

"Parkir zona ini dugaan saya menjadi kebijakan pertama dari kebijakan jangka panjang, ini bukan jalan terakhir," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Senin (20/3/2017).

Menurut Johan, kebutuhan pengaturan parkir ini juga harus dibarengi dengan sistem transportasi massal, tapi sayangnya belum terwujud sampai sekarang. Parkir zona itu, kata dia, harus menjadi bagian dari AMC dan park and ride.

"Saya heran dengan pemerintah pusat, kenapa AMC tidak bisa terwujud. Ibaratnya tangan kita dilepas tapi kaki kita dibelenggu," katanya.

Menurut Johan dengan penerapan parkir zona, pendapatan pemkot akan naik. Oleh karena itu, Pemkot jangan hanya terima duitnya saja, tapi pemkot juga harus segera mewujudkan gedung-gedung parkir dan juga parkir modular.

"Karena demand parkir itu sangat tinggi, saya lihat di atas gedung-gedung mal itu masih belum dimanfaatkan. Jadi, pelebaran jalan tidak efisien kalo nantinya ditempati parkir," katanya. (bid/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.