KELANA KOTA

Dispendukcapil: Blangko KTP-el Surabaya Tersedia Kembali pada April

Laporan Denza Perdana | Senin, 20 Maret 2017 | 21:50 WIB
suarasurabaya.net - Suharto Wardoyo Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya mengatakan, kemungkinan besar pada April besok blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) kembali tersedia di Surabaya.

"Pemenang lelang sudah ditetapkan, proses tanda tangan kontrak oleh kementerian dalam negeri minggu depan, InsyaAllah April besok sudah proses pencetakan blangko (KTP-el) termasuk distribusi ke seluruh Indonesia," ujarnya di Humas Pemkot Surabaya, Senin (20/3/2017).

Untuk sementara, pria yang biasa dipanggil Anang ini mengatakan, dia belum mengetahui berapa jumlah kuota yang bisa didapatkan oleh Surabaya mengingat jumlah kebutuhan blangko yang cukup besar.

Sejak blangko KTP-el dinyatakan habis akhir 2016 lalu, Dispendukcapil Surabaya telah mengeluarkan sebanyak 137.121 surat pengganti KTP-el.

Artinya, blangko yang dibutuhkan setidaknya berjumlah lebih banyak dari jumlah surat keterangan pengganti yang telah dikeluarkan. Apalagi, menurut Anang, jumlah warga Surabaya yang belum rekam e-KTP masih sebanyak 300 ribu orang.

Ratusan ribu surat keterangan yang dicetak sejak Oktober 2016 lalu ini diklaim bisa digunakan untuk kepentingan Pilkada, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, dan lain sebagainya.

Surat keterangan pengganti KTP-el ini dikeluarkan dengan syarat NIK pemohon sudah sesuai dengan hasil penunggalan data dari Kemendagri. "Atau NIK (Nomor Induk Kependudukan)-nya telah dinyatakan tidak ganda atau bermasalah," ujarnya.(den/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA