KELANA KOTA

Tunggu Kemendagri, Dispendukcapil Surabaya Siap Mutakhirkan DP4 untuk Pilgub Jatim 2018

Laporan Denza Perdana | Selasa, 21 Maret 2017 | 10:29 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya siap memutakhirkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada 2018 mendatang.

"Kami siapkan DP4. Kami update pemutakhiran data. Karena DP4 nanti sebagai dasar penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) oleh KPU," ujar Suharto Wardoyo, Kepala Dispendukcapil Surabaya, Selasa (21/3/2017).

Pihaknya akan menunggu perintah dari Kemententerian Dalam Negeri untuk memutakhirkan DP4 ini. Sebab, Suharto mengatakan, prosesnya sekarang sudah berbeda.

"Kan, sekarang sudah secara online. Data penduduk itu real time, Kemendagri lalu melakukan pembersihan NIK secara online," kata dia.

Setelah seluruh DP4 ini beres, Kemendagri akan memberikan data ini ke KPU pusat. KPU pusat akan melakukan proses verifikasi ke lapangan.

Bila Daftar Pemilu Tetap (DPT) sudah ditetapkan oleh KPU, maka data ini akan didistribusikan ke KPU Provinsi untuk menjadi acuan pelaksanaan Pemilihan Gubernur, termasuk di Jawa Timur.(den/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Doa untuk Orang yang Buang...
Agus Bakrie Sudharnoko