KELANA KOTA

Kapolsek Tambaksari Dicopot, Kapolrestabes: Siapa Saja Langgar SOP Akan Ditindak

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 20 April 2017 | 11:18 WIB
suarasurabaya.net - Pascakaburnya tujuh tahanan Polsek Tambaksari, Kompol David Triyo Prasojo Kapolsek Tambaksari langsung dicopot dari jabatannya. Pencopotan jabatan ini sudah menjadi konsekuensi saat memegang jabatan atau amanah.

Kombespol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya menegaskan, siapa saja yang melakukan pelanggaran SOP akan diberikan punishment.

"Salah satunya yang jaga tahanan saat itu akan kami teliti. Tim sudah merampungkan dan saya akan ambil keputusan dari input semua alat bukti yang dimiliki oleh tim internal dari Propam Polda Jatim," kata Iqbal pada Radio Suara Surabaya, Kamis (20/4/2017).

Kata Iqbal, pencopotan jabatan sudah biasa dalam institusi kepolisian. "Hari ini dilantik, mungkin satu jam lagi dicopot itu sudah biasa," ujar dia.

Sebagai langkah antisipasi, kata dia, pihaknya akan menguatkan SOP baik dari sumber daya manusia maupun konstruksi. Bangunan semua Polsek dan Polres akan dibenahi.

"Misalnya tiang rapuh yang memungkinkan dibuat tahanan kabur akan dikokohkan sampai tidak ada celah sedikitpun bisa digunakan untuk kabur," ujar dia.

Pihaknya juga berpesan pada warga Surabaya untuk tidak merasa was-was. "Kami adalah penjamin keamanan di kota Surabaya. Semua tahanan hampir kita tangkap semua dan kita sudah tahu dua titik tahanan yang masih kabur. Kami mohon doanya akan semuanya bisa segera tertangkap," katanya.

Iqbal menambahkan, semua kejadian ini akan menjadi introspeksi agar ke depannya lebih baik dan maksimal dalam melakukan tugas kepolisian khususnya penjagaan tahanan.

Sekadar diketahui sebanyak tujuh tahanan Polsek Tambaksari itu kabur dari sel pada Senin (17/4/2017) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Para tahanan kabur dengan cara menggergaji terali besi di atas plafon.

Di Polsek Tambaksari terdapat 22 orang tahanan, semuanya laki-laki, yang terdiri dari 21 laki-laki dewasa dan 1 anak. Para tahanan yang menghuni sel terdiri dari 17 tahanan kasus kriminal dan 5 tahanan kasus narkoba. (dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.