KELANA KOTA

Cable Car Surabaya Tuntas Akhir Tahun, Berharap Target 20 Juta Wisatawan Tercapai

Laporan Denza Perdana | Jumat, 21 April 2017 | 15:17 WIB
Ilustrasi. Cable car atau kereta gantung yang ada di Malaysia. Foto: Iping/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, pada akhir 2017 ini, cable car (kereta gantung) di sekitar Jembatan Suramadu, Kelurahan Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, akan tuntas.

"InsyaAllah sudah jadi. Itu (cable car) nanti menyeberangi Jembatan Suramadu, dari baratnya nyeberang ke timur," katanya kepada wartawan di Ruang Kerjanya, beberapa waktu lalu.

Risma juga berencana memperpanjang rute cable car ini sampai ke Jembatan Suroboyo di kawasan Taman Hiburan Pantai (THP) Surabaya pada tahun berikutnya.

"Nanti rencananya kami mengolor cable car itu sampai Jembatan Suroboyo. Kami harap, bisa menjadi destinasi wisata baru di Surabaya," kata Risma.

Cable car yang rencananya beroperasi akhir tahun, dia harap mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Surabaya pasca Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724.

Risma menjelaskan, tingkat kunjungan wisatawan memang selalu meningkat menjelang perayaan HJKS, Mei setiap tahunnya, lalu menurun pada bulan-bulan berikutnya.

"Biasanya, naik lagi November. Makanya, kami bikin acara di bulan Agustus, supaya kunjungan tetap mengalami peningkatan, enggak sampai flat setelah Mei," ujarnya.

Pada Agustus mendatang, selain menggelar Surabaya Great Sale, Pemkot juga menggelar Surabaya Internasional Marathon sejauh 25 kilometer.

"Ini masih kita rancang. Tapi rencananya 25 kilometer," kata Risma.

Widodo Suryantoro, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Surabaya menambahkan, ada acara lain yang digelar pada Agustus mendatang.

"Agustus itu juga ada Parade Perahu Kalimas. Iya, itu Agustus juga," katanya ketika dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (21/4/2017).

Berbagai rencana telah dilakukan. Widodo mengatakan, target jumlah wisatawan pada 2016 lalu 12 juta orang, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, telah tercapai.

Realisasinya, kata Widodo, total ada sebanyak 14 juta wisatawan yang berkunjung ke Surabaya hingga akhir 2016.

Tahun ini, Pemkot Surabaya menargetkan tingkat kunjungan wisatawan mencapai 20 juta orang. Widodo optimistis, target itu bisa tercapai.

"Karena tahun lalu (2016), target 12 juta wisatawan itu sudah tercapai pada bulan Mei. Dua juta tambahannya, setelah Mei sampai akhir tahun," katanya.

Seperti Risma, Widodo juga berharap, cable car Surabaya yang rencananya beroperasi akhir 2017 ini bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Surabaya.(den/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 1
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA