KELANA KOTA

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Ingatkan Penguatan Pendidikan Karakter

Laporan Dwi Yuli Handayani | Senin, 17 Juli 2017 | 09:58 WIB
suarasurabaya.net - Penguatan pendidikan karakter sebaiknya ditanamkan pada tataran pendidikan untuk anak SD dan SMP. Karena tatanan pendidikan karakter terbentuk dari teladan dan contoh apa yang dilakukan di lingkungan sekolah, orang tua dan masyarakat.

Syaiful Rachman Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur mengatakan, secara psikologis penguatan pendidikan karakter baik ditanamkan di tatanan pendidikan dasar.

"Kalau anak yang masih TK itu gampang sekali menghafalkan doa sebelum makan. Ini yang harus diteruskan olah orang tuanya," kata Syaiful pada Radio Suara Surabaya.

Namun, ketika anak beranjak ke jenjang pendidikan lebih tinggi misalnya dari SMP ke SMA, ada banyak pengaruh pergaulan yang terkadang sulit untuk dikendalikan, kata Syaiful.

"Harusnya kita kesinambungan, untuk pendidikan karakter ini memang diharapkan sudah mengakar sejak kecil," ujar dia.

Dalam penerapannya, kata dia, harus ada inovasi untuk mengembangkan pendidikan karakter. Karena pendidikan karakter tidak serta merta dalam bentuk pelajaran tapi bisa juga masuk program ekstrakurikuler. Dalam hal ini, pengawas sekolah semacam balai monitoring juga harus ikut memantau.

"Peran orang tua dalam penguatan pendidikan karakter ini sangat penting. Di samping itu, guru juga harus berani, misalkan nilai akademis siswa bagus tapi siswa tersebut bandel maka siswa tersebut bisa tidak dinaikkan kelas," katanya. (dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Kecelakaan Tunggal Mobil di A....
Ida Bagus Putu Andray‎