KELANA KOTA

Polrestabes Surabaya Akan Gratiskan Biaya Pembuatan SIM, Dengan Syarat...

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 16 Agustus 2017 | 20:28 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Polresrabes Surabaya menggratiskan biaya pembuatan surat izin mengemudi (SIM) bagi warga kota Surabaya. Syaratnya lahir pada tanggal 17 Agustus. Dan pemohon cukup membawa kartu identitas berupa KTP.

AKBP Adewira Negara Siregar Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan, para pemohon SIM A dan C digratiskan seluruh biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara untuk pemohon perpanjangan SIM tidak termasuk program ini.

"Program ini bagian dari inovasi pelayanan publik dari Polrestabes Surabaya dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Adewira pada suarasurabaya.net.

Adewira menjelaskan, pelayanan SIM gratis ini hanya dibuka dalam waktu sehari saja tanggal 18 Agustus di Kantor Satpas Colombo. Tapi pemohon harus tetap mengikuti ujian teori dan praktek yang tempatnya akan dipisah dengan pemohon SIM umum lainnya.

"Kami tidak membuka layanan menggunakan mobil SIM keliling tapi pemohon silahkan datang langsung ke Kantor Satpas Colombo. Nanti akan dibuka loket khusus bagi pemohon SIM yang lahir 17 Agustus ini," ujar dia.

Walaupun pembuatan SIM gratis, tetapi pemohon harus lolos saat tes tulis dan praktek. Setelah itu mendapatkan SIM secara cuma-cuma tanpa bayar alias gratis.

Kata Adewira, penggratisan pembuatan SIM ini sebagai bentuk hadiah semacam memberikan nilai-nilai nasionalisme bahwa dia beruntung lahir di tanggal 17 Agustus, yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. (bid/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 4
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.