KELANA KOTA

Perjalanan Panjang Pengerjaan Tol Jombang-Mojokerto

Laporan Bruriy Susanto | Minggu, 10 September 2017 | 21:13 WIB
Gerbang Tol Jombang. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Proyek pengerjaan Jalan Tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer mempunyai lika-liku yang panjang, mulai dari proses lelang tahun 1996 hingga gejolak krisis ekonomi dan baru pada 2017 ini bisa diresmikan.

Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) mengatakan, prosesnya yang cukup panjang sejak lelang sejak tahun 1996 karena ada proses gejolak krisis ekonomi pada saat itu. Karena itu juga pembangunan tol Jombang-Mojokerto terkendala.

"Akhirnya proyek pengerjaan tol harus berhenti, karena terkendala krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia saat itu," kata dia, Minggu (10/9/2017).

Menurut Herry, pengerjaan proyek Tol Jombang-Mojokerto ini baru bisa dilanjutkan di tahun 2010 dengan pengerjaan Seksi 1. Setelah diselesaikan, Seksi 1 ini diresmikan pada 2014 silam. Sedangkan Seksi 3, kata Herry, baru bisa diselesaikan pada 2016 lalu.

"Sekarang di seksi kedua ini baru selesai. Jadi dari tahun 2014 itu relatif tiga tahun untuk menyelesaikan proyek ini (jalan tol seksi dua) termasuk pengadaan tanahnya" ujar dia.

Setelah selesai tiga seksi proyek pengerjaan, masih menyisahkan satu PR, yakni yang ada di ujung Solo, Ngawi, Kertosono. "Panjangnya 900 meter yang di seksi empat ini baru bisa diselesaikan tahun 2018. Sekarang dalam proses pengurusan sertifikat yang di ujung itu," kata Herry.

Dia berharap dengan keberadaan insfrastruktur tol Surabaya hingga Jombang sepanjang 40,5 kilometer yang diresmikan Joko Widodo Presiden itu bisa mengurangi kemacetan, dan mempercepat jarak tempuh.

Terutama dari Jombang ke Surabaya ataupun sebaliknya dengan menggunakan, memanfaatkan jalan jalur luar tol bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam. Tapi, begitu insfrastruktu tol sudah jadi dan bisa difungsikan untuk umum akan lebih berbeda.

"Mungkin yang sebelumnya lewat jalur luar jarak tempuhnya dari Surabaya ke Jombang atau sebaliknya itu 2,5 jam. Tapi, setelah adanya jalan tol jarak tempuh mungkin bisa gak sampai satu jam," katanya. (bry/bid/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.