KELANA KOTA

Marak Penipuan, Polisi : E-Tilang Tahap Sosialisasi Belum Ada Denda

Laporan Fatkhurohman Taufik | Senin, 11 September 2017 | 11:45 WIB
Petugas menunjukkan beberapa pelanggar lampu merah. Foto : dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ade Wiranegara Siregar Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya minta masyarakat tidak perlu resah adanya informasi tentang penipuan berkedok elektronik tilang (e-tilang).

"Jika merasa ditipu ya segera laporkan ke SPKT kepolisian terdekat. Silakan lapor ke Polrestabes pasti segera kami tindaklanjuti," kata Ade Wira, ketika berbincang dengan Radio Suara Surabaya, Senin (11/9/2017).

Menurut dia, sepanjang September 2017 e-tilang baru sebatas sosialisasi dan belum ada penindakan sehingga masyarakat sebenarnya tidak perlu takut.

Kalaupun e-tilang diberlakukan, maka proses pembayaran denda juga tidak bisa langsung dilakukan ke petugas, melainkan harus dilakukan di bank dengan kode bayar tertentu yang dikirimkan resmi melalui surat.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Ade Wira juga menjelaskan bahwa untuk mengetahui nomor plat kendaraan dan pemiliknya saat ini memang cukup mudah karena bisa dengan sms ke 7070. Namun keberadaan sms center 7070 sejatinya hanya digunakan untuk mengetahui pajak kendaraan untuk mempermudah pembayaran. (fik)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.