KELANA KOTA

Hari Jadi TNI AL Memiliki Tiga Makna Penting

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 11 September 2017 | 21:25 WIB
Upacara peringatan HUT ke 72 tahun TNI AL di Surabaya. Foto: Dispen AL
suarasurabaya.net - Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H, Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadankodiklatal) secara resmi memimpin upacara pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-72 tahun 2017 yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Surabaya, Senin, (11/9/2017).

Peringatan hari Jadi TNI AL tersebut diikuti sedikitnya 2.700 prajurit Anggota Tetap (Antap), Siswa dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal. Selain Wadan Kodiklatal hadir dalam acara tersebut para pejabat teras dilingkungan Kodiklatal.

Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Kepala Staf Angkatan Laut dalam amanat yang di bacakan Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, S.H., Wadan Kodiklatal mengatakan bahwa pada hakekatnnya upacara peringatan hari jadi TNI AL memiliki tiga makna penting yang harus dipahami bersama.

Ketiga makna tersebut adalah pertama peningkatan keimanan dan ketaqwaan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa, kedua makna hotoris yaitu sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI AL dalam mengisi kemerdekaan dan yang ketiga makna evaluative yaitu sebagai momentum instrospeksi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas masa lalu guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Sebagai komponen Utama kekuatan pertahanan Negara, TNI AL terlahir dari rakyat senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmenya untuk terus bersama-sama dengan rakyat berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalanya pembangunan nasional.

Oleh karena itu sangat tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun ini tema yang diambil adalah Bersama Rakyat, TNI Angkatan Laut Siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Doa untuk Orang yang Buang...
Agus Bakrie Sudharnoko