KELANA KOTA

Seluruh Jatim Alami Hari Tanpa Hujan, 8 Daerah Memasuki Kekeringan Ekstrem

Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 11 September 2017 | 21:40 WIB
Peta kekeringan di Jatim. Foto: Stasiun Klimatologi Malang.
suarasurabaya.net - Stasiun Klimatologi Malang di Karang Ploso telah merilis hasil monitoring hari tanpa hujan di Wilayah Jawa Timur. Sedikitnya, 8 daerah di Jatim telah memasuki kekeringan ekstrem karena mengalami hari tanpa hujan sangat panjang (31 sampai 60 hari).

Delapan daerah yang mengalami kekeringan adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Malang, Probolinggo, Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi.

Arif Krisna Prakirawan BMKG Juanda membenarkan jika anomali curah hujan terjadi di seluruh wilayah Jatim. Hasil pantauan Citra Satelit, untuk daerah-daerah yang disebut di atas terpantau tidak terjadi hujan.

"Hampir seluruh Jatim memang sudah di musim kemarau. Menurut prakiraan BMKG pusat dan monitoring pos-pos hujan yang tersebar di Jatim, memang terjadi anomali curah hujan," katanya dihubungi suarasurabaya.net, Senin (11/9/2017).

Menurut Arif, monitoring perdasarian atau dalam 10 hari telah dilakukan untuk mengupdate kondisi cuaca ini. Selanjutnya, update terbaru akan dilakukan pada tanggal 20 September depan. (bid/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Doa untuk Orang yang Buang...
Agus Bakrie Sudharnoko