KELANA KOTA

Hadirkan Native Sepakers Cekoslovakia Ajak Siswa Conversation

Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 13 September 2017 | 21:40 WIB
Machulikova Pavla mahasiswi Cekoslovakia menyapa siswa-siswi SD Muhamamdiyah 4 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Agar mampu berbahasa Inggris dengan benar dan berani melakukan percakapan atau conversation, Rabu (13/9/2017) sekurangnya 15 mahasiswa native speakers berbagai kampus di Cekoslovakia hadir di SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Machulikova Pavla satu diantara mahasiswa yang memang belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman, hadir mengajak siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 Surabaya untuk langsung melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris.

Dengan bahasa Inggris yang lancar, Pavla mengajak anak-anak yang kaget melihat kedatangannya berbicara dalam bahasa Inggris. Beberapa siswa menanggapi sapaan Pavla. Tetapi beberapa siswa lainnya justru melongo melihat Pavla.

"Ini kesempatan buat anak-anak untuk berani berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris langsung dengan native speaker yang juga sedang belajar menggunakan bahasa Inggris. Mereka para mahasiswa asal Cekoslovakia ini memang sedang belajar juga," kata Eddy Susanto Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Sekitar 3 minggu para mahasiswa asal Cekoslovakia ini akan menjadi pengajar sekaligus melakukan proses pembelajaran Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. "Harapan kami anak-anak juga dapat memanfaatkan kesempatan ini," tegas Eddy.

Saat ini, lanjut Eddy bahasa Inggris menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar di seluruh negara-negara dunia. Oleh karena itu, di usia sekolah dasar anak-anak diajak lebih berani melakukan pembicaraan dalam bahasa Inggris.

"Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar dihampir sleuruh negara didunia. Untuk bekal anak-anak dimasa mendatang nanti bahasa Inggris wajib juga dipelajari dan dengan berani berbicara dalam bahasa Inggris akan memberikan manfaat bagi mereka," pungkas Eddy.(tok)
Editor: Fatkhurohman Taufik



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.