KELANA KOTA

SHARE Tawarkan 175 Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 14 September 2017 | 12:00 WIB
ilustrasi
suarasurabaya.net - Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa -bangsa Asia Tenggara (Asean) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara mendaftar Beasiswa SHARE periode keempat.

Beasiswa ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di universitas di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode bulan Desember 2017 - Agustus 2018.

Pendaftaran Beasiswa SHARE (European Union Support to Higher Education in the Asean Region) resmi akan ditutup pada Selasa, 31 Oktober 2017 mendatang.

Vongthep Arthakaivalvatee Deputi Sekertaris Jenderal Komunitas Sosial-Budaya Asean, dalam siaran persnya menyampaikan bahwa beasiswa ini merupakan hasil kerjasama khusus Asean dan Uni Eropa guna memberdayakan mahasiswa-mahasiswa berprestasi agar dapat meraih karir yang mereka pilih sekaligus bertukar pemahaman serta pengalaman.

"Sebuah sistem pendidikan tinggi regional yang efektif terpusat pada sebuah skema beasiswa yang kuat bagi mahasiswa-mahasiswa adalah sebuah elemen kunci dalam mempromosikan keterhubungan masyarakat (people connectivity)," terang Vongthep Arthakaivalvatee.

Peningkatan mobilitas mahasiswa (student mobility), lanjut Vongthep, adalah sebuah prioritas Asean seperti yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Asean (Asean Work Plan) dalam bidang Pendidikan periode 2016-2020 serta dalam Deklarasi Kuala Lumpur untuk Pendidikan Tinggi pada 2015.

Sementara itu ditambahkan Francisco Fontan Duta Besar Uni Eropa untuk Asean, saat ini Uni Eropa berkolaborasi dengan Asean sedang menyiapkan 500 beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa di Asia Tenggara melalui Program SHARE.

"Beasiswa SHARE merupakan kesempatan sekali seumur hidup bagi para mahasiswa di kawasan Asia Tenggara. Di Eropa, program Erasmus+ telah memberikan pembelajaran kepada kita selama 30 tahun yang lalu mengenai betapa pentingnya belajar keluar negeri bagi pengembangan karir setiap individu serta membangun sebuah komunitas kawasan. Saya sangat mendorong para mahasiswa di kawasan Asean untuk mendaftar Beasiswa SHARE periode keempat kali ini," kata Francisco Fontan.

Melanjutkan kesuksesan Program Beasiswa SHARE periode pertama hingga ketiga, Uni Eropa dan Asean telah memberikan sebanyak 171 beasiswa penuh kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari 32 universitas di kawasan Asia Tenggara yang tersebar di 8 negara anggota Asean untuk memanfaatkan waktu selama satu semester di satu negara lain di dalam kawasan Asia Tenggara dan Eropa.

Di periode keempat ini, ada sebanyak 175 beasiswa yang disediakan dan terbagi menjadi 125 beasiswa penuh intra- Asean dan 50 beasiswa penuh bagi mahasiswa-mahasiswa yang akan belajar di salah satu dari 10 universitas di Eropa.

Normawati Susanto satu diantara penerima Beasiswa SHARE periode kedua, bahwa pertukaran mahasiswa bukanlah tentang belajar duduk di kelas dan mentransfer nilai kuliah. Akan tetapi, tentang bertemu dengan orang-orang baru dan mempelajari budaya mereka.

"Dengan demikian, kita dapat memahami diri kita sehingga kita dapat lebih menghormati bahkan menjadi lebih bijaksana dengan menghargai masyarakat lainnya diseluruh dunia," ujar Normawati Susanto.

Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang mendapat kesempatan belajar di Universitas Mandalay Myanmar lewat skema Beasiswa SHARE itu menekankan bahwa bagi dirinya kesempatan belajar di negara lain tersebut adalah sebuah pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA