KELANA KOTA

Anda Pernah Merasa Tiba-tiba Gagal Fokus atau Nge-blank? Ini Penyebabnya...

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 14 September 2017 | 13:08 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Anda pernah merasa tiba-tiba gagal fokus atau nge-blank? Sebenarnya banyak sekali faktor penyebabnya. Tapi bisa dilihat, apakah orang nge-blank ini sebelumnya mengkonsumsi obat atau bisa juga karena faktor kelelahan.

dr. Ivana SpKJ Spesialis Kejiwaan RS Jiwa Menur Surabaya mengatakan, untuk mengurangi nge-blank kalau kita sudah berniat ingin berkendara sebaiknya fisik kita harus baik dan pikiran harus fokus.

Kadang, kata dia, faktor kelelahan diabaikan dan tetap berkendara meskipun di tengah jalan rawan nge-blank.

Kata Ivana, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat saat akan berkendara karena berpotensi memicu kantuk. "Ber-HP ria juga bisa bikin kita nge-blank," kata Ivana pada Radio Suara Surabaya, Kamis (14/9/2017).

Beda halnya dengan obat yang sering kita konsumsi karena kita sudah bisa merasakan apakah obat itu membuat kita mengantuk atau tidak.

Selain itu, kata dia, mengidap penyakit-penyakit tertentu juga bisa mengakibatkan orang mudah nge-blank. Di otak kita ada area tertentu, jika ada tumor di area itu bisa menganggu saraf konsentrasi yang memicu gangguan konsentrasi.

"Gangguan konsentrasi itu bisa dites dengan alat medis. Ketika dia sedang diperiksa akan kelihatan orang ini bohong atau memang ada gangguan konsentrasi," ujarnya. (dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
Doa untuk Orang yang Buang...
Agus Bakrie Sudharnoko