KELANA KOTA

Robot Dua Tangan Pimpin Orkestra di Italia

Laporan Denza Perdana | Kamis, 14 September 2017 | 22:07 WIB
Robot humanoid YuMi memimpin Lucca Philharmonic Orchestra membawakan sebuah konser bersama dengan penyanyi tenor Italia Andrea Bocelli di Verdi Theatre di Pisa, Italia, Selasa (12/9/2017). Foto: Antara
suarasurabaya.net - YuMi Robot dua tangan rancangan ABB tampil memimpin orkestra dan mendampingi Andrea Bocelli Penyanyi Tenor Italia saat tampil dalam konser Lucca Philharmonic Orchestra di The Teatro Verdi di Pisa, Italia, Selasa (12/9/2017).

"YuMi merupakan robot cerdas rancangan ABB dan untuk pertama kalinya tampil memimpin orkestra," ujar Mike McNelis Managing Director ABB Indonesia di Jakarta, lansir Antara, Kamis (14/9/2017).

Dia menjelaskan pertunjukan dengan konduktor robot tersebut merupakan bagian dari perayaan First International Festival of Robotics.

McNelis mengatakan di dunia industri, robot YuMi dapat menggantikan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Di sejumlah negara maju seperti Jerman dan Jepang, mereka mempekerjakan robot bagi industri. Penggunaan robot itu membuat pekerjaan lebih cepat, efisien, dan jarang membuat salah.

Robot YuMi sebelumnya dipamerkan pada pameran Electric, Power and Renewable 2017 di Jakarta International Expo. Selain bisa menggantikan tugas manusia di industri, YuMi juga bisa berswafoto.

"Kelebihan robot ini bisa diajak swafoto loh. Jadi tangan kanannya merangkul kits, yang kiri buat fotoin kita. Namun sebelum dipakai swafoto harus disetel dulu," jelas dia.

Selain memamerkan robot, pihaknya juga memamerkan motor sensor pintar dan sistem integrasi pembangkit listrik yang menunjukkan kemampuan digital lintas industri ABB untuk membantu produsen memimpin revolusi industri keempat.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.