KELANA KOTA

70 Km Lebih Ruas Jalan di Jatim Jadi Konsentrasi Pemprov Jatim

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 07 Desember 2017 | 09:21 WIB
Ilustrasi. Perbaikan Jalan Kalianak Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Saat ini ada 70 kilometer lebih ruas jalan di Jawa Timur yang menjadi konsentrasi Pemprov Jatim.

Gatot Sulistyo Kadis PU Bina Marga Jawa Timur mengatakan, yang menjadi konsentrasi utamanya Raya Taman, pelebaran jalan Gedeg, perbatasan Jatim-Jatim, jalan Ponorogo-Pacitan, Batu-Kediri, Cangar-Batu, Pamekasan-Sampang, Sampang-Omben dan lainnya.

Kata Gatot, PU Bina Marga mengerjakan dan memelihara jalan yang rusak bukan tergantung jadwal. "Setiap ada laporan jalan rusak kami segera benahi. Kami siap 24 jam," kata Gatot pada Radio Suara Surabaya, Kamis (7/12/2017).

Untuk provinsi, kata dia, tidak ada alasan dana belum turun karena ada dana rutin untuk pemeliharaan jalan. Tapi untuk peningkatan kapasitas jalan perlu ada tahapan seperti lelang dan lainnya.

Kata Gatot, perbaikan jalan ada kelas-kelasnya. Ada kelas jalan kewenangan milik Pemkab, Pemkot dan ada kewenangan Pemprov dan Balai Besar. "Kalau UPT setempat tidak tahu ada laporan jalan rusak, kami akan tangani. Minimal kami akan sampaikan ke yang punya kewenangan," ujar dia.

Dari Bina Marga provinsi punya tim yang siap sewaktu-waktu memperbaiki jalan tidak hanya saat musim hujan.

"Contoh di Betoyo tahun lalu, kami bisa masuk untuk memberi dana talangan. Meski SOP-nya tidak ada anggaran yang bisa dikeluarkan kalau bukan sesuai peruntukkannya," katanya. (dwi/ipg)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.