KELANA KOTA

Rabu Depan, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar

Laporan Farid Kusuma | Kamis, 07 Desember 2017 | 20:35 WIB
Setya Novanto tersangka kasus korupsi proyek KTP Elektronik (rompi oranye), keluar dari ruang pemeriksaan Gedung KPK, Rabu (6/12/2017). Foto: Farid/Dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta yang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sudah menentukan majelis hakim yang mengadili perkara korupsi KTP Elektronik dengan terdakwa Setya Novanto.

Selain itu, pengadilan juga sudah menjadwalkan sidang perdana Ketua DPR dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ibnu Basuki Widodo Humas Pengadilan Tipikor Jakarta mengatakan, sidang perdana Setya Novanto akan digelar hari Rabu pekan depan, tanggal (13/12/2017).

"Jadwal sidang Setya Novanto sudah ditetapkan yaitu hari Rabu pekan depan tanggal 13 Desember 2017," ujarnya di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Dr.Yanto Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akan menjadi ketua majelis hakim, menggantikan Jhon Halasan Butarbutar yang dimutasi ke Pengadilan Tinggi Pontianak.

Tapi, menurut Ibnu, pengadilan belum memutuskan berapa kali sidang digelar dalam seminggu. Nantinya, hal itu akan dibahas dan diputuskan dalam persidangan.

"Soal berapa kali sidang dalam seminggu nanti dibahas dalam persidangan karena itu adalah kewenangan majelis hakim," tegasnya.

Sekadar diketahui, kemarin Rabu (6/12/2017) Penyidik KPK melimpahkan berkas penyidikan Setya Novanto kepada jaksa penuntut umum.

Sore harinya, sekitar pukul 16.00 WIB, Jaksa KPK menyerahkan berkas perkara Setya Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta yang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kalau sidang perdana Setya Novanto berlangsung sesuai jadwal, maka permohonan praperadilan yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan gugur demi hukum. (rid/bid)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA