KELANA KOTA

BMKG: Informasi Gempa Susulan Hoaks

Laporan Denza Perdana | Senin, 18 Desember 2017 | 08:44 WIB
Ilustrasi: Antara
suarasurabaya.net - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan isu yang beredar di masyarakat bahwa ada potensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude disertai perkiraan jam terjadinya gempa adalah hoaks.

Keterangan pers Biro Hukum dan Organisasi BMKG Bagian Hubungan Masyarakat yang dilansir Antara, Minggu malam, menyebutkan berita yang dibuat dengan mengatasnamakan BMKG tersebut tidak benar.

"BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut," sebut rilis itu.

BMKG menegaskan berita itu "hoaks" yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas.

BMKG menjelaskan sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, dimana dan berapa kekuatan gempa akan terjadi.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu dihiraukan dengan informasi tersebut.

Bagi masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini, BMKG telah membuka layanan informasi cuaca selama 24 jam melalui call center 021-6546316 atau laman twitter @infobmkg.

Sebelumnya laman twitter BMKG mendapatkan pertanyaan sejumlah netizen yang ingin mendapatkan kepastian atas informasi yang meresahkan, terkait potensi gempa susulan pada pukul 22.30-23.59 WIB sebesar 7,5 SR Magnitude, sehingga warga diharap keluar rumah. (ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA