KELANA KOTA

Reruntuhan Bangunan Kuno Era Firaun Ditemukan

Laporan Dwi Yuli Handayani | Jumat, 12 Januari 2018 | 13:13 WIB
suarasurabaya.net - Reruntuhan dua bangunan yang digunakan untuk mengawasi tambang pada era Mesir kuno lebih dari 4.400 tahun lalu ditemukan di bagian selatan, ungkap Kementerian Urusan Barang Antik, Kamis (11/1/2018) waktu setempat.

Seperti dilansir Antara, penemuan itu dibuat oleh misi Amerika Serikat-Mesir di area Tal Edfu di bagian utara Kota Aswan.

Satu bangunan ditemukan dari era Firaun, Djedkare Isesi, dari dinasti kelima yang memimpin Mesir lebih dari 4.400 tahun lalu.

Bangunan lain didirikan pada dinasti keenam yang memimpin antara 2.323 SM dan 2.135 SM.

"Kompleks tersebut terdiri dari dua bangunan besar berisi banyak ruang dan belum diperiksa sepenuhnya," ungkap Ayman Ashmawy dari kementerian itu kepada AFP.

"Bangunan ini digunakan sebagai gedung administratif untuk tim tambang yang akan menuju ke gurun timur untuk mencari emas, tembaga dan batu mulia".

Menurut sejarawan, era Djedkare Isesi dikenal dengan ekspedisinya untuk mengekstrak bahan baku, khususnya tembaga, dari Sinai selatan. (ant/dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.