KELANA KOTA

Ini Upaya Pemkab Sidoarjo Atasi Banjir di Tropodo

Laporan Ika Suryani Syarief | Minggu, 11 Februari 2018 | 10:37 WIB
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sigit Setyawan Kepala Dinas PU Kabupaten Sidoarjo memaparkan beberapa upaya yang tengah dikerjakan pemerintah untuk mengatasi banjir di kawasan Tropodo.

Pertama adalah membuatkan saluran box culvert--yang saat ini pembangunannya belum tuntas--di timur dan barat jalan.

"Pembangunan box culvert akan kami lanjutkan di beberapa titik. Jalan di Tambak Sawah sudah kami tinggikan. Salurannya akan menyusul. Kami sudah minta kontraktor mempercepat pembangunan box culvert," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (11/2/2018).

Rencana lainnya yaitu normalisasi kali Cantel dan kali Buntung. Menurutnya, kondisi sungai juga memberi kontribusi untuk genangan di Tropodo. Banyak warga yang mendirikan bangunan di sepanjang stren sungai.

"Kami mohon warga yang tinggal di pinggir Kali Cantel dan Kali Buntung harus paham tentang proyek normalisasi ini. Tahun lalu memang sudah kami alokasikan tapi masih terjadi tarik ulur soal anggaran dengan dewan. Semoga April tahun ini normalisasi sungai bisa kami lakukan," kata Sigit.

Mengingat beberapa hari ini curah hujan agak tinggi, solusi jangka pendek pemerintah adalah dengan memompa air dengan pompa portable ke kali Cantel dan kali Buntung.(iss)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA