KELANA KOTA

Kader PKB Kutuk Kekerasan di Gereja St Lidwina Jogya

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 12 Februari 2018 | 19:52 WIB
Kader PKB Jatim datangi Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Membawa spanduk, poster dan karangan bunga, puluhan kader muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, Senin (12/2/2018) datangi Gereja Katolik Hati Kudus Yesus di Jl. Polisi Istimewa, Surabaya. Menyampaikan simpati pada korban dan mengutuk kekerasan yang terjadi di Gereja Katolik St. Lidwina, Bedog, Sleman Jogyakarta.

Sebelum menuju gereja, massa menggelar aksinya di perempatan Jl. Polisi Istimewa dan Jl. Raya Darmo, tidak jauh dari gereja. Aksi dengan membentangkan spanduk dan poster menolak kekerasan terhadap elemen agama di Indonesia itu, menarik perhatian pengguna jalan.

Menurut Fauzan Fuadi Wakil Sekretaris PKB Jawa Timur, kekerasan serta penyerangan terhadap tempat-tempat peribadatan, terhadap elemen agama, atau para tokoh agama dimanapun berada tidak boleh terjadi di Indonesia.

"Kader muda PKB Jawa timur mengutuk keras aksi penyerangan terhadap tokoh-tokoh agama dan penyerangan tempat-tempat peribadatan. Dengan alasan apapun hal seperti itu tidak boleh terjadi di negeri ini. Kami mengutuk keras," tegas Fauzan Fuadi.

Menggelar aksi dihalaman Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, massa aksi membentangkan spanduk bertuliskan: Berduka Cita atas Teror di Gereja St. Lidwina, Jogyakarta, massa kemudian menemui Romo Agus sebagai perwakilan gereja.

Karangan bunga sebagai tanda simpati kepada umat Katolik gereja St. Lidwina, Sleman Jogyakarta yang mengalami penyerangan, sekaligus bentuk kutukan keras terhadap aksi penyerangan tersebut. "Kami turut berduka atas teror yang terjadi di gereja Katolik St. Lidwina, Jogyakarta," kata Fauzan.

Sementara itu disampaikan Romo Stephanus Agung Wicaksono PR mewakili Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Surabaya bahwa aksi yang dilakukan para kader muda PKB Jawa Timur merupakan sebuah upaya positif dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama.

"Tentunya kami sangat beerterimakasih kepada kawan-kawan PKB Jawa timur atas kehadirannya, serta kegiatan ini menjadi upaya menjaga kerukunan antara umat beragama di Indonesia yang memang sudah lama terjalin. Kami sangat berterimakasih," ujar Romo Agung.

Ditandai dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, kader muda PKB Jawa Timur bergandengan tangan bersama Romo Agung serta beberapa umat lainnya menutup seluruh aksi.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA