KELANA KOTA

Radio Harus Lebih Kreatif dan Melihat Perilaku Konsumen

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 13 Februari 2018 | 20:59 WIB
suarasurabaya.net - Henry Subiakto Pakar Komunikasi Universitas Airlangga mengatakan, pengelola radio harus lebih kreatif melihat tren dan kecenderungan perilaku konsumen media.

"Sekarang orang sudah tidak bisa lagi terpisah dari smartphone-nya. Hasil riset menunjukkan, orang bisa berpisah dengan smartphone-nya hanya selama tujuh menit," katanya kepada Radio Suara Surabaya

Selain itu, sektor industri radio juga tengah menghadapi tantangan krusial, terutama soal iklan. Media lain sudah mampu dengan big datanya. Radio juga harus menyadari pentingnya big data.

"Masih ada pemasang iklan yang menganggap media konvensional paling efektif. Radio masih didengarkan sebagian besar orang di kota besar," ujarnya.

Dengan big data-nya, media lain bisa menyediakan layanan beriklan pada segmen yang diinginkan pemasang iklan. Misal pengiklan ingin iklannya hanya untuk anak usia 10 sampai 15 tahun

Perkembangan dan pergeseran perilaku konsumen media tersebut, kata Henry, sebaiknya ditanggapi serius oleh insan radio. "Suara Surabaya sudah menunjukkan maju ke arah yang benar," kata dia.(iss)



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.