KELANA KOTA

Komunitas ISC Rampok Tas Plastik Milik Pengunjung CFD Taman Bungkul

Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 25 Februari 2018 | 09:03 WIB
Komunitas ISC bersama beberapa komunitas melakukan kampanye mengajak warga Kota Surabaya untuk Diet Plastik, Minggu (25/2/2018) di Taman Bungkul. Foto: Wawan Some via redaksi
suarasurabaya.net - Komunitas ISC bersama beberapa komunitas melakukan kampanye mengajak warga Kota Surabaya untuk Diet Plastik, Minggu (25/2/2018) di Taman Bungkul Surabaya. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Wawan Some Komunitas Nol Sampah mengatakan, kegiatan yang melibatkan 75 anggota ICS ini dilakukan dengan cara merampok tas kresek pengunjung Car Free Day di Taman Bungkul.

"Kami akan menukar tas kresek dengan tas kain yang bisa dipakai berulang kali. Selama proses penukaran akan ada edukasi dari relawan tentang mengapa kita harus Diet tas kresek. Tentang "dosa-dosa tas kresek" yang menyangkut bahaya tas kresek bagi lingkungan dan kesehatan manusia. bahaya tas kresek," kata Wawan seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Harapannya, kata dia, ini akan membiasakan warga Surabaya untuk memakai tas yang bisa dipakai berulang kali.

Ada 300 tas kain yang akan dibagikan yang merupakan sumbangan dari relawan ISC.

"Melalui kegiatan ini kami juga berharap Pemerintah segera mengeluarkan aturan tentang pembatasan pemakaian tas kresek. Uji coba kantong plastik berbayar di Toko Modern di 22 kota tahun lalu terbukti mampu menurunkan pemakaian tas kresek sampai 40 persen secara nasional dan di Surabaya mencapai 60 persen," ujarnya. (dwi)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.