KELANA KOTA

Jalan Kartini Segera Dibangun Kembali

Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 12 Maret 2018 | 15:08 WIB
Ilustrasi. Erna Purnawati Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya saat menunjukkan Riol di Jalan Kencanasari Surabaya kepada kru Suara Surabaya Media, Selasa (7/3/2017). Foto: Ika/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pemerintah Kota Surabaya sudah melelang dan mendapatkan pemenang proyek pembangunan Jalan Kartini, Surabaya.

Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya menjelaskan, proses lelang jalan tersebut sudah dilakukan pada awal tahun 2018. Saat ini proyek tersebut sedang dalam masa pembangunan.

"Kontraknya nanti enam bulan. Masa pembongkarannya dua minggu karena strukturnya beton. Selain itu karena sekarang masih musim hujan, pengerjaannya belum bisa maksimal," katanya kepada Radio Suara Surabaya, Senin (12/3/2018) siang.

Selama pengerjaan, Jalan Kartini akan ditutup dan dialihkan selama sekitar tujuh bulan. Rambu-rambu juga sudah dipasang di lokasi.

"Pengerjaan jalan ini tidak sama dengan overlay. Selain faktor usia, air dari selatan tidak bisa lewat. Strukturnya jadi satu dan harus dibongkar bersamaan. Saluran airnya nanti akan dibuat bangunan permanen, tidak pakai box culvert," ujarnya.

Perlu diketahui, Jalan Kartini khususnya dan jembatannya secara umum, dibangun pada tahun 1970. Masa perencanaannya sudah terlewati sehingga memang harus dibongkar. Menurur Erna, bagian bawah jembatan tersebut sudah retak sejak tahun 2017. Dasar jembatan itu juga rendah sehingga air tidak bisa lewat.(iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.