KELANA KOTA

Bola-bola Trotoar di Surabaya Dipercantik

Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 14 Maret 2018 | 18:15 WIB
Bola-bola yang terpasang di trotoar Jalan Blauran Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya
suarasurabaya.net - Pemerintah Kota Surabaya mempercantik bola-bola yang terpasang di Jalan Blauran hingga Jalan Kranggan. Bola berdiameter 50 sentimeter itu dicat warna-warni menambah keindahan trotoar kota.

Chalid Buhari Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) mengatakan, bola warna-warni terbuat dari beton semen, itu dipasang sebagai pengaman bagi pejalan kaki dari kecelakaan mobil yang naik ke trotoar. Selain itu, bola itu berfungsi mencegah sepeda motor melintas di atas trotoar.

Rencananya, kata Chalid, pemasangan bola-bola akan terus dilakukan di setiap trotoar yang ada di surabaya. Bahkan, tidak hanya satu atau dua warna, melainkan akan dicat dengan warna emas dan warna yang lain.

"Nanti akan kita cat dan pasang secara bertahap dengan melihat kondisi di lapangan," katanya, Rabu (14/3/2018).

Adapun, pemasangan bola dunia dan bola warna-warni telah terpasang di beberapa titik antara lain, sisi timur Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Jl Adiyawarman, Jl Embong Malang dan terbaru kawasan Jl Blauran.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya beberapa waktu lalu juga mengatakan, bahwa ide memasang bola beton di trotoar itu bukan semata untuk keindahan kota, tapi untuk melindungi pejalan kaki dari kecelakaan. Sebab, ada beberapa kasus pengendara mobil yang mengalami kecelakaan sampai naik ke trotoar. (bid/iss/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.