KELANA KOTA

Ketika Wali Kota Liverpool Hunting Foto di Wisata Mangrove Wonorejo

Laporan Denza Perdana | Selasa, 20 Maret 2018 | 19:38 WIB
Joe Anderson Wali Kota Liverpool bersama Gary Millar Wakilnya di Surabaya dengan mengunjungi Eco Wisata Mangrove di Wonorejo, Selasa (20/3/2018). Foto: Humas Pemkot Surabaya
suarasurabaya.net - Joe Anderson Wali Kota Liverpool bersama Gary Millar Wakilnya melanjutkan rangkaian kunjungannya di Surabaya dengan mengunjungi Eco Wisata Mangrove di Wonorejo, Selasa (20/3/2018). Mereka hunting foto bersama anggota komunitas fotografi.

Joestamadji Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kunjungan Wali Kota Liverpool dan Wakilnya ke Surabaya sebelum mereka mengunjungi Gelora 10 November, Tambak Sari.

"Tempat ini dipilih karena Ibu Wali Kota punya rencana mau menjadikan spot itu sebagai Kebun Raya Mangrove," kata Joestamadji saat mendampingi kunjungan dari Wali Kota Liverpool, Selasa (20/03/18).

Selain itu, kata dia, spot Eco Wisata Mangrove dipilih sebagai spot foto karena lokasinya merupakan bagian paling timur dari Kota Surabaya. Selain sebagai lahan konservasi lingkungan juga merupakan tempat wisata dan sarana pendidikan, juga pelatihan.

"Karena disini juga kita jadikan sebagai pelatihan budidaya mangrove," ujarnya.

Soal kerja sama pengembangan atau renovasi hutan mangrove, Joestamadji mengatakan kedua orang paling penting di Kota Liverpool itu memang tertarik. Karena itu pemkot Surabaya siap untuk menyiapkan segala kebutuhan mereka.

"Ya nanti kalau mereka memang tertarik, otomatis kami akan menyiapkan," katanya.

Kunjungan Wali Kota Liverpool di kawasan iu diikuti setidaknya 100 orang fotografer dari berbagai komunitas fotografi Surabaya, seperti The Rings, PSS (Perkumpulan Seni foto Surabaya), SIF (Surabaya in Frame), dan Pocket Graphy.

Selain itu, beberapa pelajar sekolah juga turut hadir dalam acara hunting foto bersama tersebut.

Sekitar 1 jam lebih, Wali Kota Liverpool bersama rombongan berkeliling di area konservasi. Di area Jogging Track, mereka sempat berhenti beberapa kali untuk melihat ekosistem mangrove yang ada di sana.

Mereka terlihat juga begitu antusias terhadap berbagai jenis spesies mangrove. Sambil berjalan-jalan, tidak lupa mereka juga beberapa kali sempat mengambil gambar.

Setelah puas berkeliling dan melakukan hunting foto di area seluas 6 hektar tersebut. Seluruh rombongan delegasi Liverpool bersama dengan para komunitas fotografi kemudian beristirahat di sentra kuliner MIC (Mangrove Information Centre) untuk melakukan sarapan bersama.

Wali Kota Liverpool Joe Anderson menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dan kagum bisa melihat hutan mangrove yang ada di Surabaya.

Selain itu menurutnya, penduduk Kota Surabaya orangnya juga ramah. Ketertarikannya tersebut, membuat dirinya ingin berkunjung kembali ke Kota Surabaya pada tahun depan.

"It's great to be here and I'm sure I come back next year as well to visit (hebat sekali berada di sini, Saya yakin Saya akan kembali tahun depan)," terangnya.

Di akhir kegiatan, Wali Kota Liverpool bersama Moazzam Malik Duta Besar Inggris untuk Indonesia melakukan penanaman pohon jenis kacang arab di kawasan tersebut sebagai bentuk dari kenang-kenangan.

"Good luck to you all," kata Joe Anderson sambil tersenyum kepada para komunitas fotografi. (den/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.